Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Kembali Pasar Gedebage, Pemerintah Akan Gandeng Investor

Kompas.com - 21/07/2015, 11:29 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, pemerintah provinsi bekerjasama dengan pemerintah pusat akan membantu untuk menghidupkan kembali Pasar Induk Gedebage, di Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Jawa Barat, yang luluh lantak karena amukan api pada Senin, (20/7/2015).

Aher mengatakan, salah satu bantuan yang terbilang penting untuk memperbaiki dan merenovasi pasar tersebut adalah terkait dengan yang namanya anggaran. Untuk hal ini, kata dia, pemerintah akan menggandeng investor.

"Kita akan gandeng investor untuk pasokan anggarannya. Seperti yang tadi Pak Mendag bilang, beliau akan berupaya mencari investor tersebut," kata pria yang akrab disapa Aher itu di Pasar Gedebage, Selasa (21/7/2015).

Aher enggan menyebutkan berapa nominal anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikan pasar tersebut. Yang pasti, kata dia, perlu anggaran yang sangat besar untuk merenovasi pasar tersebut.

"Belum tahu ya jumlahnya, yang pasti butuh anggaran besar, ratusan miliar sampai mungkin mencapai triliunan," kata Aher.

Yang pasti, lanjutnya, pasar tersebut akan dibangun dengan suasana yang lebih indah, menarik dan lebih cantik lagi dari sebelumnya.

"Setelah diperbaiki akan semakin bagus, dengan catatan tidak menghilangkan unsur ketradisionalannya," kata Aher.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, perbaikan pasar tersebut akan memakan waktu cukup lama. Untuk sementara ini, pria yang akrab disapa Emil itu akan menyediakan tempat untuk relokasi.

"Pedagang akan direlokasi, lokasinya tak jauh dari kawasan situ juga. Kita upayakan dalam jangka tujuh hari para pedagang sudah mulai kembali berjualan. Kita akan benahi pasar ini sebaik mungkin, kedepan bisa lebih baik dan lebih indah lagi," kata Emil.

Sebelumnya diberitakan, Pasar Induk Gedebage diamuk si jago merah pada Senin, (20/7/2015), sekitar pukul 02.25 WIB dini hari. Sekitar 100 kios ludes terbakar. Amukan api menyulitkan petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com