Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balikpapan: Kota "Minyak" yang Nyaman

Kompas.com - 06/06/2015, 15:00 WIB


Oleh Lukas Adi Prasetya

Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, telah meraih banyak prestasi, dari kota paling layak huni hingga penghargaan lingkungan tingkat ASEAN tahun 2014. Prestasi lainnya, 18 kali Adipura, 3 Adipura Kencana, hingga kota yang paling dicintai di dunia versi voting online.

Mereka yang baru pertama datang ke Balikpapan, dan mengitari ruas jalan protokol, pasti mengetahui alasannya. Bersih dan nyaman. Tentu bukan berarti tanpa sampah jika menyusur sampai ke kampung. Namun, orang pasti sepakat Balikpapan nyaman.

Tahun 2014, Balikpapan dinobatkan sebagai kota paling nyaman dan layak huni di Indonesia berdasarkan survei Indonesia Most Livable City Index yang dilansir Ikatan Ahli Perencana Indonesia. Terdapat 27 indikator yang bisa dipenuhi oleh ”Kota Minyak” ini.

Indikator tersebut, antara lain, ketersediaan dan kualitas fasilitas rekreasi, pendidikan, tingkat kriminalitas, dan ketersediaan lapangan pekerjaan. Tahun 2014 juga, Balikpapan meraih Adipura Kencana untuk ketiga kalinya, setelah tahun 1996 dan tahun 2013.

Adipura Kencana jelas menunjukkan ”level” kebersihan yang konsisten dijaga Balikpapan. Masih pada tahun yang sama, 2014, Balikpapan menyabet 3rd ASEAN Environmentally Sustainable Cities (ESC) Award 2014. Balikpapan sukses mengungguli 15 kota lain se-Asia Tenggara.

Beberapa kota tersebut adalah Bandar Seri Begawan (Brunei), Phnom Penh (Kamboja), Luang Prabang (Laos), Yangon (Myanmar), Melaka (Malaysia), San Carlos dan Davao City (Filipina), serta North West District (Singapura). ESC Award diberikan karena Balikpapan dianggap berhasil menata lingkungan kota secara berkelanjutan dan mengupayakan clean land, clean water, dan clean air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com