Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menerawang Hari Pernikahan Gibran-Selvi dengan Penanggalan Jawa

Kompas.com - 16/04/2015, 18:24 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Teka-teki hari pernikahan putra sulung Presiden Joko Widodo mulai terkuak. Setelah Iriana Joko Widodo menyatakan akan mempertimbangkan perhitungan Jawa dalam memilih tanggal pernikahan, dan hanya menyebut bulan Juni menjadi pilihan, salah satu praktisi penanggalan Jawa di Solo mencoba untuk mencari tanggal baik tersebut.

Totok Yasmiran, praktisi penanggalan Jawa di Solo, menjelaskan bahwa untuk mencari hari yang baik menurut adat Jawa bersumber dari berbagai kitab kuno, seperti Kitab Serat Pawukon karangan Padmasusastra, Kitab Primbon Jawa oleh Tinoyo, dan juga Kitab Centhini. Perhitungan tanggal baik bagi masyarakat Jawa biasanya dilakukan untuk menentukan hari pernikahan, pindahan rumah, atau acara besar lainnya.

Saat disinggung tentang hari baik yang ada pada Juni, Totok menjelaskan bahwa pada bulan tersebut terdapat dua hari baik untuk melangsungkan pernikahan. Hari tersebut adalah 6 Juni (Sabtu Legi) dan 14 Juni (Minggu Wage) 2015.

Menurut Totok, kedua hari tersebut memiliki karakter masing-masing. Dirinya memilih bahwa hari Minggu Wage lebih baik untuk pernikahan.

"Sabtu Legi memiliki karakter lakuning rembulan (perjalanan rembulan), lalu Minggu Wage sifatnya lakuning angin (perjalanan angin), dan Satria Wibawa. Yang kedua ini lebih baik," katanya, Kamis (16/4/2015).

Lebih jauh lagi, Totok juga menghitung tanggal lahir atau weton kedua mempelai, Gibran dan Selvi. Menurut tanggal Jawa, Gibran memiliki weton Kamis Legi (1 Oktober 1987) dan Selvi, Senin Pahing (9 Januari 1989).

"Dari weton keduanya bisa mempunyai arti, misalnya apabila wetonnya dijumlahkan, hasilnya 13. Lalu kalau ditambahkan keduanya jadi 26, lalu dibagi lima, sisa satu. Satu ini artinya di dalam Jawa adalah Sri atau simbol kemakmuran," katanya saat ditemui di Museum Radyapustaka di Jalan Slamet Riyadi, Solo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com