Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Bisa Keluar Hotel, Turis Asing Belajar "Mejejahitan"

Kompas.com - 21/03/2015, 11:47 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis


KUTA, KOMPAS.com - Ada yang menarik menginap di hotel saat pelaksanaan Nyepi Tahun Baru Saka 1937. Wisatawan asing diberi kesempatan belajar mejejahitan atau membuat rangkaian janur yang sering digunakan untuk upacara Agama Hindu.

"Hotel memilih kegiatan budaya saat Nyepi ini supaya tamu yang menginap di hotel ini lebih mengerti dan mendalami budaya Balin" kata Bianca Rosetta, Sales and Marketing Manager Grand Istana Rama Hotel, Kuta, Badung, Bali, Sabtu(21/3/2015).

Claudia, turis asing asal Jerman, mengaku senang mendapatkan pengalaman belajar budaya Bali. Dia cukup antusias mengikuti arahan yang dipandu oleh pegawai hotel yang cukup pandai dan tangkas saat memotong dan merangkai janur.

"Ya, saya senang mendapatkan pengalaman ini. Ini bagus, tidak bosan saat semuanya tidak bisa keluar hotel," kata Claudia.

Joey juga asal Jerman, menilai kegiatan yang dilakukan hotel sangat baik dan menarik. Mereka diajari mejejahitan seperti membuat canang, paku pipit, dan hiasan janur lainnya. Dengan kegiatan ini, terlihat para tamu khususnya wisatawan asing mengikuti hingga usai latihan sekitar 1 jam. Mereka merasa senang dengan hasil karya mereka yang sudah dianggap cukup baik hasilnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com