Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkedok Suami Istri, Komplotan Ini Gelapkan Mobil Rental

Kompas.com - 03/03/2015, 22:30 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Komplotan pencuri mobil rental diringkus Polresta Solo setelah mendapat informasi dari sejumlah pengusaha rental mobil. Dari tiga pelaku, satu di antaranya ialah perempuan.

Mereka mengaku mobil rental tersebut dijual dan uangnya digunakan untuk membayar utang-utang mereka. Dalam beraksi, kompolotan tersebut mengaku sebagai suami istri untuk mengelabui korban.

Para pelaku antara lain Daffa Hafidz (35) dan Nurul Hidayah (37), keduanya warga Perum Graha Jati Indah, Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah, serta Agus Setiawan (28), warga Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Pada 19 Februari 2015 lalu, Daffa dan Nurul berpura-pura menjadi suami istri menyewa sebuah mobil Honda Oddisey dengan nopol AA 85221 MH di sebuah rental mobil di Jajar, Laweyan, Solo. Dari keterangan yang didapat, pelaku sepakat menyewa mobil seharga Rp 450.000 per hari dan akan digunakan selama satu minggu. Namun setelah satu minggu lebih, mobil Oddisey tersebut tak kunjung kembali ke rental.

"Jadi berdasar laporann dari pemilik rental, mobil disewa selama satu minggu oleh pelaku, tapi setelah satu minggu lebih, mobil tidak kembali. Petugas mendapat laporan keberadaan pelaku, dan segera memburu mereka di sebuah kos di Yogyakarta," kata Kompol Guntur Saputro, Kasatreskrim Polresta Solo, Rabu (3/3/2015).

Daffa dan Nurul pun segera diperiksa oleh petugas dan akhirnya Agus Setyawan yang menjadi komplotan kedua pelaku diringkus. Dari tangan pelaku, petugas mengamankan satu unit mobil Honda Oddisey beserta kunci dan STNK, satu unit Toyota Kijang LGX warna hitam dengan nopol AD 9093 UF, dan satu unit Toyota Yaris warna hitam AD 9239 WB.

Dari keterangan Daffa, mobil hasil penipuan tersebut akan dijual ke penadah dan uangnya digunakan untuk membayar utang.

"Mobilnya dijual, lalu uangnya habis buat bayar utang," kata Daffa.

 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com