Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Kelangkaan Telur, 15 Kontainer Telur Tiba di Pelabuhan Ambon

Kompas.com - 13/01/2015, 18:06 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Sebanyak 15 kontainer telur ayam akhirnya didatangkan dari Surabaya untuk memenuhi kebutuhan telur di Kota Ambon yang dalam sepekan terakhir mengalami kelangkaan. Lima belas kontainer telur ini dipastikan sudah tiba di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon pada Selasa malam ini.

“Malam ini sekitar pukul 20.00 WIT, 15 kontainer telur sudah merapat di pelabuhan Yos Sudarso Ambon,” ungkap Kepala Bidang Perdagangan Kota Ambon, Carolina Silooy kepada wartawan di Ambon, Selasa (13/1/2015).

Kelangkaan telur di Kota Ambon dalam sepekan terakhir menyebabkan bahan makanan ini sulit didapat warga. Harganya pun melonjak hingga Rp 3.000 per butir.

Silooy mengaku, harga telur di Ambon sempat mengalami kenaikan yang signifikan dari harga Rp 1.800 per butir menjadi Rp 3.000 per butir. Menurut dia, kenaikan tersebut terjadi bukan karena ulah agen, namun karena stok telur di Kota Ambon memeng menipis karena adanya keterlambatan pengiriman dari pihak pelayaran.

Silooy mengakui, kelangkaan stok telur yang dijual pedagang di Kota Ambon dalam beberapa pekan terakhir merupakan sisa stok telur sebelum Natal dan Tahun Baru. Karena itu, saat stoknya menipis terjadi kelangkaan telur di pasaran.

Setelah tiba di Pelabuhan Ambon, Silooy memastikan Rabu besok 15 kontainer telur itu sudah akan didistribusikan ke agen untuk selanjutnya dijual ke pasaran. Dia pun meminta agar warga tidak perlu panik karena pasokan telur yang baru didatangkan itu akan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Ambon.

“Rabu besok mungkin sudah bisa terdistribusi di Kota Ambon sehingga masyarakat tidak perlu panik akan ketersediaan telur di Kota Ambon,” pintanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com