Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rp 4,1 Miliar Disiapkan untuk Hunian Tetap Pengungsi Sinabung

Kompas.com - 09/01/2015, 15:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Sosial menyiapkan anggaran sebesar Rp 4,1 miliar untuk hunian tetap (huntap) bagi warga korban erupsi Gunung Sinabung yang direlokasi.

"Anggaran itu untuk isi hunian tetap mereka seperti peralatan rumah, kasur, kompor dan lain-lain," kata Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos Margowiyono di Jakarta, Jumat (9/1/2015).

Dia menjelaskan bahwa setiap kepala keluarga (KK) akan menerima bantuan sebesar Rp 2 juta per rumah.

Warga yang harus direlokasi dari tiga desa yaitu Desa Simacem, Bekerah dan Sukameriah. Sebanyak 2.053 hunian tetap akan dibangun oleh pemerintah untuk mereka.

Saat ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyelesaikan 50 unit "huntap" dan pada 2015 akan dibangun sebanyak 320 rumah lagi.

Margowiyono menjelaskan bantuan untuk isi hunian tetap mereka segera akan diberikan setelah mereka menempati "huntap" tersebut.

"Model bantuannya langsung transfer, jadi mereka menerima uang tunai dan bisa memilih sendiri isian hunian tetapnya," ujar Margowiyono.

Pembangunan 50 unit rumah di kawasan Siosar untuk relokasi warga korban erupsi Sinabung dilengkapi dengan jalan tembus menuju lokasi hunian.

Semua kebutuhan perumahan, mata pencarian, pendidikan dan lainnya juga akan disiapkan dengan baik sehingga warga tidak kembali lagi ke tempat asal mereka karena desa tersebut berada dalam zona bahaya Sinabung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com