Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda: Pasar Klewer Terbakar karena Korsleting Listrik

Kompas.com - 01/01/2015, 07:25 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


SOLO, KOMPAS.com - Kapolda Jawa Tengah menjelaskan penyebab kebakaran di Pasar Klewer pada hari Sabtu (27/12/2014) yang lalu.

Kapolda yang mendampingi Presiden Joko Widodo saat memantau kondisi Pasar Klewer di Solo, menyebutkan penyebab kebakaran adalah korsleting. Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Noer Ali, usai mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau kondisi Pasar Klewer pasca terbakar selama kurang lebih 30 jam.

Kapolda mengutarakan hasil Laboratorium Forensik bahwa penyebab pasti kebakaran adalah mentesnya air ke Miniatur Circuit Breaker (MCB) dan menyebabkan korsleting. "Setelah hasil labfor, penyebab pastinya adalah korsleting di bagian MCB," kata Noer Ali kepada wartawan pada hari Rabu (31/12/2014).

Lebih jauh lagi, Noer Ali menjelaskan bahwa air yang menetes membuat hubungan arus pendek dan timbul percikan api lalu membakar kabel. Api pun menjalar dengan cepat ke seluruh bangunan pasar yang menyimpan kain kain yang mudah terbakar.

Hasil penyelidikan tersebut membuat rumor yang beredar di kalangan masyarakat terutama pedagang, bahwa ada unsur kesengajaan dalam peristiwa kebakaran Pasar Klewer, adalah tidak benar. "Jadi tidak ada itu namanya sabotase, jangan buat kisruh lah,"katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com