Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK: Dalam Setahun, Pasar Klewer Harus Beroperasi Lagi

Kompas.com - 29/12/2014, 20:42 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla, Senin (28/12/2014) mendatangi Pasar Klewer, Solo, untuk melihat kondisi terakhir pasar terbakar selama sekitar 30 jam itu. Jusuf Kalla menegaskan bahwa dalam satu tahun Pasar Klewer harus bisa dibangun kembali.

Bersama beberapa menteri seperti Menteri Sosial Khofifah Indarparawansa dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Jusuf Kalla melihat reruntuhan bangunan di Pasar Klewer bagian barat. Dalam kesempatan wawancara dengan wartawan, Jusuf Kalla ingin dalam satu tahun pasar konveksi terbesar se-Asia Tenggara tersebut harus sudah beroperasi kembali.

Saat disinggung alokasi dana untuk pembangunan Pasar Klewer, Wapres JK mengungkapkan pemerintah pusat akan membantu. Selain itu, dana juga bisa dialokasikan dari pemerintah provinsi dan Kota Solo.

"Nanti akan dihitung lagi berapa pastinya. Yang penting pedagang harus bisa berjualan dan berdagang lagi di Pasar Klewer. Targetnya dalam satu tahun bisa ditempati lagi oleh pedagang," katanya, Senin (29/12/2014).

Dalam kunjungan singkatnya tersebut, Jusuf Kalla memerintahkan Pemerintah Kota Solo untuk segera membangun pasar darurat. Usai berkunjung ke pasar Klewer selama kurang lebih 20 menit, rombongan segera meninggalkan lokasi.

Pasar Klewer terbakar pada Sabtu (27/12/2014) malam. Ribuan pedagang dan pemilik kios kehilangan tempat berjualan dan penghidupan. Secara materiil kerugian akibat kebakaran di pasar ini ditaksir mencapai Rp 10 triliun.

 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com