Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tekan Kemacetan Saat "Weekend", Ridwan Kamil Optimalkan Bandros

Kompas.com - 07/12/2014, 14:37 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Untuk menekan angka kemacetan di Kota Bandung saat weekend, Wali Kota Bandung Ridwan Kami mengeluarkan kebijakan unik. Ia mengoptimalkan Bandung Tour on the Bus (Bandros).

"Setiap weekend, akan ada bandros yang digilir ke kecamatan. Sehingga warga bisa jalan-jalan keliling daerahnya dengan bandros, tidak perlu ke Kota Bandung," ujar Ridwan Kamil dalam acara Bandung Food Festival "Eat Up" di Batununggal Bandung, Minggu (7/12/2014).

Jika warga di setiap kecamatan saat weekend tidak perlu ke Kota Bandung, otomatis bisa mengurangi kemacetan. Hal ini pun memberi nilai lebih kepada bandros. Karena, selain memberi kebahagiaan pada warga sekitar, bandros bisa mengurangi kemacetan di Kota Bandung.

"Permintaan para camat agar bandros berkeliling sudah diutarakan sejak lama. Tolong Kepala Dinas Pariwisata untuk mengaturnya agar bandros bisa berkeliling ke kecamatan," ungkap Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Emil mengaku, saat ini Kota Bandung baru memiliki tiga bandros. Namun, ia mengusulkan, bandros di Cilaki hanya satu saat weekend yakni yang berwarna merah. Sedangkan bandros berwarna kuning bisa keliling kecamatan. "Targetnya Kota Bandung memiliki 30 Bandros," ucap Emil.

Saat ini, Kota Bandung memang baru memiliki tiga bandros berwarna merah, kuning, dan Orange. Namun, bandros Orange ditarik kembali karena harus diperbaiki.

Pantauan Kompas.com, warga Batununggal antusias menyambut adanya bandros. Bahkan, mereka rela mengantre untuk menikmati salah satu bus wisata kebanggaan Kota Bandung tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com