Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kostum Kru Pusat Komando Bandung Dirancang ala "Star Trek"

Kompas.com - 25/11/2014, 17:52 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tengah membangun ruang pusat komando Command Centre di Balai Kota Bandung. Ruangan tersebut nantinya akan dipakai untuk memantau semua sudut Kota Bandung, termasuk menerima pengaduan-pengaduan publik melalui peranti lunak (software) yang sudah disiapkan.

Selain menyediakan perangkat keras dan lunak untuk menunjang kegiatan di dalam ruangan pusat komando yang berisi berbagai macam peralatan canggih, Emil—sapaan akrab Ridwan Kamil—juga menyiapkan kostum khusus untuk para petugas operator Command Centre. Agar terlihat lebih modis dan futuristik, para petugas operator Command Centre akan mengenakan kostum mirip seragam awak pesawat USS Enterprise dalam film Star Trek.

"Sudah disiapkan bajunya kayak (film) Star Trek buat petugasnya," ujar Emil di Hotel Holiday Inn, Jalan IR H Juanda, Dago, Kota Bandung, Selasa (25/11/2014).

Menurut Emil, kostum setiap kru pusat komando masing-masing akan berbeda, tergantung jabatannya. Hal itu pun tidak jauh berbeda dengan konsep seragam awak pesawat USS Enterprise.

"Lagi dibahas kode warnanya. Beda warna, beda lagi tugasnya," ucapnya.

Lebih lanjut, Emil menambahkan, petugas operator Command Centre tidak diambil dari PNS Pemkot Bandung.

"Kita buka lowongan untuk rekrutan baru. Gajinya juga lumayan," tuturnya.

Ditanya soal fungsi Command Centre, Emil menjelaskan bahwa tempat tersebut akan menjadi pusat data permasalahan yang dikeluhkan masyarakat. Nantinya, persoalan tersebut akan ditampilkan di layar-layar di dalam ruangan pusat komando sehingga keputusan penanggulangannya bisa cepat diambil sebelum masalah menjadi membesar.

"Jadi, nanti data dan software-nya sebagian dipakai untuk internal (rahasia), sebagian disebar ke publik," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com