Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga dan Mahasiswa Demo Bokongi Polisi

Kompas.com - 11/11/2014, 14:26 WIB
Kontributor KompasTV, Muhamad Syahri Romdhon

Penulis

CIREBON, KOMPAS.com — Warga Desa Kasugengan Kidul, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, menggelar demo dengan membokongi puluhan petugas Satuan Polisi Pamong Praja dan aparat kepolisian Cirebon yang menjaga aksi di depan Kantor Bupati Cirebon, Selasa (11/11/2014) siang.

Aksi ini merupakan bentuk kekecewaan masyarakat atas jalannya roda pemerintahan daerah Kabupaten Cirebon yang dinilai berjalan mundur. Warga berunjuk rasa bersama gabungan mahasiswa Universitas 17 Agustus Cirebon. Mereka meminta bupati dan wakil bupati agar segera memecat Kepala Desa Kasugengan Kidul secara tidak hormat.

Masyarakat menilai Kepala Desa Kasugengan Kidul sudah bertindak di luar aturan karena memberhentikan pegawai desa tanpa surat pemberhentian. Masyarakat juga menilai, kepala desa seolah kebal hukum karena unjuk rasa yang dilakukan warga atas kasus pemberhentian dan dugaan korupsi kepala desa itu tidak pernah diproses oleh pemerintah daerah.

“Kami meminta kepada Bapak Bupati, Bapak Sunjaya, untuk menemui kami, dan langsung memecat Kepala Desa Kasugengan Kidul, di hadapan kami,” tegas Sapri, salah satu warga, saat berorasi.

Sambil memegang alat pengeras suara, Sapri pun menyerukan agar masyarakat tidak takut untuk memberikan bokong ke arah petugas dan pemerintah daerah.

Masyarakat yang semakin kesal berusaha pula memaksa masuk dan mendorong barisan polisi, dan nyaris ricuh. Bahkan, ketika perwakilan pemerintah daerah berusaha menemui, masyarakat pun menolaknya. Mereka menilai, perwakilan tidak dapat memberikan kebijakan, kecuali bupati dan wakilnya.

“Bapak siapa? Dari mana? Perwakilan pemerintah, mending mundur aja, Pak. Bapak tidak bisa memberikan jawaban dan kebijakan dari tuntutan kami. Kami hanya ingin ditemui bupati atau wakilnya,” tegas salah seorang anggota masyarakat di tengah kerumunan aksi.

Akibat kalah banyak, masyarakat membubarkan diri dan menuju kantor inspektorat untuk kembali meminta pemecatan Kepala Desa Kasugengan Kidul. Mereka mengancam akan mendatangkan lebih banyak pendemo untuk bertemu bupati agar Kepala Desa Kasugengan Kidul segera dipecat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com