Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Ebola, RSHS Bandung Siagakan Paviliun Flamboyan

Kompas.com - 04/11/2014, 15:32 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wabah virus Ebola dikhawatirkan masuk ke Jawa Barat. Rumah Sakit Hasan Sadikin pun menyiagakan satu paviliun isolasi khusus yang diberi nama Paviliun Flamboyan.

"Kita ada 8 tempat tidur di ruang islolasi khusus dengan 2 alat bantu napas," kata Ketua tim Penanggulangan Infeksi Khusus RSHS Bandung, dr Rudi Wisaksana SpPD saat ditemui di ruang pertemuan Komite Medik RSHS, Selasa (4/11/2014).

Selain menyiagakan ruang isolasi, RSHS juga telah membentuk tim khusus yang terdiri dari 40 orang. Tidak hanya menangani Ebola, tim khusus penyakit menular itu sudah terbiasa menangani sars, flu burung, flu babi, hingga TBC.

"Tim ini multi-disiplin, ada 30 sampai 40 orang. Selain dokter dari hampir semua departemen, ada dari farmasi dan gizi juga," jelas Rudi.

Rudi menjelaskan, profesi medis seperti perawat adalah yang paling rentan terkena virus Ebola apabila tidak melindungi dirinya dengan benar. Contohnya seperti yang terjadi pada perawat AS, Nina Pham. Dia menjadi warga AS pertama yang terinfeksi Ebola di AS.

Agar kejadian tidak terulang kepada perawat di Indonesia khususnya di RSHS, Rudi meminta kepada seluruh perawat agar mengikuti prosedur penggunaan alat pengaman.

"Semua petugas kesehatan harus menaati protokol," tegasnya.

Meski demikian, Rudi belum mendapatkan informasi lebih lanjut masuknya virus Ebola ke Indonesia setelah dua kasus di Kediri dan Madiun dinyatakan negatif.

 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com