Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pelantikan Jokowi-JK, 210 Anggota Brimob Polda Jatim Dikirim ke Jakarta

Kompas.com - 15/10/2014, 18:45 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Sebanyak 210 anggota satuan Brimob Polda Jatim, Rabu (15/6/2014), diberangkatkan ke Jakarta dengan Kereta Api Gumarang. Mereka diperbantukan dalam pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden Jokowi-Jusuf Kalla, 20 Oktober mendatang.

Kasatbrimob Polda Jatim Kombes Polisi Rudi Kristantyo mengatakan, dua satuan kompi personel Brimob itu dipersenjatai lengkap dengan spesifikasi kemampuan antihuru-hara dan anarkisme tingkat V.

"Mereka akan di bawah komando Polda Metro Jaya selama delapan hari di Jakarta hingga 22 Oktober nanti," katanya seusai apel pemberangkatan di Stasiun Pasar Turi, Surabaya.

Dua SSK yang diberangkatkan tersebut merupakan personel gabungan dari Subden 1 Den C Pelopor Kediri sebanyak 1 SSK yang dipimpin Kasubden 1 C AKP Heri Kusnadi serta pasukan dari Subden 3 Den C Por Bojonegoro 1 SSK yang dipimpin Kasubden 3 C AKP Edy Suyono, serta kelompok Koden Gas dengan jumlah 10 personel. Namun, Rudi mengaku tidak mengetahui pasti di mana saja anak buahnya akan ditugaskan.

"Nanti itu terserah Polda Metro Jaya, yang penting kami kirimkan pasukan untuk membantu kamtibmas menjelang dan sesudah pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih," tambahnya.

Pelantikan Jokowi-Jusuf Kalla pada 20 Oktober nanti akan diamankan oleh lebih dari 22.000 personel TNI/Polri. Pengamanan dibagi menjadi empat ring, yaitu ring 1 (di dalam Gedung MPR/DPR/DPD), ring 2 (halaman Gedung MPR/DPR/DPD), ring 3 (jalan raya di sekitar Gedung MPR/DPR/DPD), dan ring 4 (sejumlah sentra-sentra perekonomian seperti pusat perbelanjaan).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com