Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ancam Jurnalis "Tempo" yang Beritakan Aset Setya Novanto, Direktur Novanto Center Dikecam

Kompas.com - 03/10/2014, 22:38 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com — Forum Academia Nusa Tenggara Timur (NTT) mengecam tindakan pengancaman yang dilakukan oleh Direktur Novanto Center NTT, Muhammad Ansor, terhadap wartawan Tempo, Yohanes Seo, Jumat (3/10/2014) sore tadi.

Kecaman forum Academia NTT disampaikan melalui pernyataan sikap yang diterima Kompas.com, Jumat malam. Menurut juru bicara Forum Academia, Dominggus Elcid Li, kekerasan verbal tersebut merupakan tindakan arogan dan dapat menimbulkan ketakutan pada wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik. Padahal, dalam menjalankan tugas jurnalistik, setiap wartawan dilindungi oleh UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Lanjut Dominggus, ancaman Direktur Novanto Center tersebut dipandang sebagai upaya menghalangi-halangi kerja jurnalistik, yakni memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui, menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supremasi hukum, dan hak asasi manusia (HAM) serta menghormati kebinekaan. Tindakan Direktur Novanto Center itu dianggap menunjukkan bahwa pers dilihat sebagai "musuh" yang tidak boleh vokal.

Sebagai seorang wakil rakyat, lanjut dia, sudah semestinya Direktur Novanto Center menghormati keberadaan pers. Apabila tidak setuju dengan pemberitaan oleh wartawan Tempo, seharusnya memberikan sanggahan (hak jawab), bukannya mengancam.

“Oleh karena itu, kami mendesak Kapolda NTT agar memproses yang bersangkutan sesuai undang-undang yang berlaku agar tindakan seperti ini tidak terulang di kemudian hari,” ujar Dominggus.

Diberitakan, seorang wartawan Tempo di Kupang, NTT, Yohanes Seo, diancam hendak dibunuh oleh Direktur Novanto Center, Muhammad Ansor, karena menulis berita tentang gurita bisnis ketua DPR tepilih, Setya Novanto, di Nusa Tenggara Timur.

Ansor yang juga adalah anggota DPRD Provinsi NTT periode 2014-2019 mengancam Yohanes terkait pemberitaan yang dilansir Tempo, Jumat, 3 Oktober 2014, dengan judul "Gurita Bisnis Setya Novanto di NTT" dan berita lanjutan "Novanto Center Akui Gurita Bisnis Setya Novanto". [Baca juga: Beberkan Aset Setya Novanto di NTT, Wartawan "Tempo" Diancam]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com