Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Bandara Husein Sastranegara yang Baru Menyerupai Kujang

Kompas.com - 29/09/2014, 12:51 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com
- Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, mengatakan, desain renovasi Bandara Husein Sastranegara Bandung yang baru diperoleh dari sayembara khusus yang dilempar ke publik.

"Ini kan hasil sayembara pemenangnya adalah PT Yodya Karya. Temanya berasal dari budaya sunda, yaitu kujang," kata pria yang kerap disapa Emil ini saat ditemui seusai groundbreaking Bandara Husein Sastranegara, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Senin (29/9/2014).

Menurut Emil, bentuk bandara baru yang menyerupai senjata khas tanah pasundan itu bisa terlihat hanya dari atas udara.

"Atapnya itu sampai ke drop-off menyerupai kujang kalau dari samping. Melengkung dan ada kakinya. Kalau atapnya tradisional sunda, ujung atapnya menyilang atau disebut Julang Ngapak, itu simbolisnya," imbuhnya.

Emil menambahkan, konsep bandara dibuat unik agar memiliki jati diri dan menghindari kesamaan dengan bandara-bandara lain di Indonesia.

"Bangunan itu harus ada cerita, kalau enggak ada cerita dia enggak ada perbedaan dengan yang lain," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, proyek renovasi, pengembangan dan perluasan Bandar Udara Husein Sastranegara, Kota Bandung, dimulai Senin (29/9/2014). Dimulainya proyek tersebut ditandai dengan seremonial groundbreaking dan peletakan batu pertama konstruksi oleh PT Angkasa Pura II (Persero) (baca selengkapnya: Bandara Husein Sastranegara Mulai Direnovasi).

Acara ini dihadiri oleh Menteri BUMN, Dahlan Iskan; Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan; Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil; Direktur Utama Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Tri S Sunoko serta Komandan Landasan Udara TNI AU Husein Sastranegara, Nyoman Tri Santoso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com