Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Wisata Tenggelam, 10 Turis Asing Hilang

Kompas.com - 17/08/2014, 19:26 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Sepuluh wisatawan mancanegara hilang setelah sebuah kapal yang membawa mereka dari Lombok ke Pulau Komodo karam akibat menabrak karang, Sabtu (16/8/2014).

Selain ke-10 wisatawan asing itu, lima warga negara Indonesia, yang terdiri dari awak kapal dan seorang pemandu wisata, juga hilang. Sepuluh 10 orang penumpang lainnya bisa diselamatkan.

Petugas SAR setempat, Budiawan, mengatakan WN asing yang selamat berasal dari Selandia Baru, Inggris, Spanyol, Belanda, Jerman dan Perancis. Sementara itu, kewarganegaraan wisatawan yang hilang belum diketahui.

"Sebuah kapal turis yang membawa 25 orang karam saat berlayar dari Pulau Lombok ke Pulau Komodo," kata Budiawan.

"Kami menyelamatkan 10 WNA sementara 10 warga asing lainnya serta 5 WNI masih belum ditemukan. Kami segera menggelar operasi pencarian setelah mendapat berita itu pagi tadi," papar Budiawan, Minggu sore.

Kapal itu tenggelam tidak jauh dari Bima. Menurut petugas SAR di Bima, Suryawan, kapal itu karam pada Sabtu pagi, namun beberapa penumpang baru bisa diselamatkan pada Sabtu malam.

"Kecelakaan itu terjadi ketika kapal itu menabrak karang dan tenggelam. Sejumlah nelayan berhasil menyelamatkan lima orang pada Sabtu malam, dan lima WNA lainnya diselamat oleh sebuah kapal layar," papar Suryawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com