Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Terbalik di Kediri karena Senggol Truk

Kompas.com - 07/08/2014, 15:16 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com - Bus yang terbalik di Jembatan Sungai Konto, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Kamis (7/8/2014), ternyata berupaya menyalip kendaraan lain sebelum kecelakaan terjadi.

Menurut penuturan seorang penumpang, Eko Dwi Cahyo (39), bus Rukun Jaya jurusan Blitar-Surabaya yang ditumpanginya itu berupaya mendahului dua kendaraan lain, yaitu Bus Harapan Jaya dan sebuah dump truck.

Namun, karena belum selesai mendahului dan tepat pada jembatan Sungai Konto, warga Pare ini menambahkan, dari arah berlawanan muncul kendaraan dump truck. Bus berupaya banting stir ke kiri untuk masuk pada sela kendaraan yang disalip lalu kembali banting stir ke kanan untuk keluar dari sela kendaraan.

Saat banting stir ke kanan itulah bus menyenggol bagian belakang bak dump truck yang melaju dari arah berlawanan sehingga membuat bis terguling ke kanan.

"Bus langsung terguling," kata Eko yang mengalami patah tulang paha kanan dan kini masih dirawat di RS HVA Tulungrejo ini.

Setelah terguling, penumpang bus yang berjumlah sekitar 30 orang itu sempat mengalami panik. Para penumpang kemudian menyelamatkan diri dan warga sekitar lokasi juga turut membantu menyelamatkan.

"Saya sendiri dibopong penumpang lain," imbuhnya.

Farid Mashadi (25), penumpang lainnya, mengalami luka pada bagian pelipis kanannya. Menurut dia, sebelum kecelakaan itu bus memang dalam kecepatan tinggi.

"Saya duduk di depan di belakang sopir," kata warga Tulungagung ini.

Tak ada korban jiwa

Tak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Pihak kepolisian hingga saat ini masih terus melakukan pendataan jumlah korban yang mendapat penanganan medis dan tersebar dibeberapa rumah sakit maupun puskesmas terdekat dari lokasi. Para korban rata-rata mengalami luka ringan maupun berat dan dipastikan tidak ada korban tewas dalam peristiwa nahas itu.

"Tidak ada korban jiwa," kata Ajun Komisaris Dhyno, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Kediri saat dihubungi Kompas.com, Kamis.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di RS HVA Tulungrejo Pare sebagai salah satu rumah sakit yang merawat korban, para korban segera mendapat penanganan di ruang IGD. Sejauh ini ada 7 korban yang diterima rumah sakit. Dari ketujuh pasien, 6 pasien mengalami luka ringan dan 1 pasien mengalami patah kaki.

"Satu orang mengalami patah kaki dan lainnya mengalami lecet-lecet," kata dokter Ana, dokter IGD.

Sebelumnya diberitakan, bus PO Rukun Jaya jurusan Blitar-Surabaya mengalami kecelakaan. Belasan orang mengalami luka namun dipastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi tepat di jembatan sungai Konto itu. Bus mengalami rusak pada bagian depan dan saat ini masih dievakuasi petugas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com