Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lihat Grebeg Syawal, Warga dan Wisatawan Penuhi Alun-alun Yogya

Kompas.com - 29/07/2014, 10:35 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Warga Yogyakarta maupun wisatawan dari luar daerah mulai memadati Alun-alun Utara Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Selasa (29/7/2014) sejak pukul 08.30 WIB. Mereka datang untuk menyaksikan salah satu tradisi sakral, Grebeg Syawal.

"Setiap tahun saya ke sini (Alun-alun Utara) bersama keluarga untuk nonton Grebeg Syawal," ujar Winarti (50), warga Banguntapan Bantul, saat ditemui di Alun-alun Utara Yogyakarta.

Winarti mengaku sudah datang ke Alun-alun Utara sejak pagi. Dirinya bersama keluarga sengaja datang lebih awal agar bisa mendapat posisi paling depan sebab antusias warga dan wisatawan untuk menyaksikan Grebeg Syawal cukup besar. Apalagi bertepatan dengan libur Lebaran.

"Ini bersama keluarga besar yang kebetulan mudik. Ya wisata keluarga," ucapnya.

Grebeg Syawal merupakan agenda tahunan yang digelar setiap tanggal 1 Syawal bertepatan dengan berakhirnya bulan Ramadhan. Tradisi budaya yang digelar di Alun-alun Utara Yogyakarta ini merupakan tradisi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sebagai perwujudan Hajad Dalem atau sedekah Sultan kepada rakyatnya.

Sedekah dilambangkan dengan Gunungan yang terbuat dari beragam hasil bumi yang nantinya akan diperebutkan oleh masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com