Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Ramadhan, Proyek Jalan Pantura di Jateng Dihentikan

Kompas.com - 28/06/2014, 18:01 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com – Pengerjaan paket jalan di sejumlah wilayah Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah resmi dihentikan sebelum Ramadhan dimulai, Minggu (29/6/2014). Penghentian pembangunan jalan itu sengaja dilakukan jauh hari sebelum arus mudik bergulir.

“Sudah kami minta hentikan. Untuk Jalan Pantura dan Jalan berstatus Nasional non-pantura sudah dihentikan pengerjaannya,” kata Kepala Dinas Binamarga Provinsi Jawa Tengah, Bambang Nugroho di Semarang saat dihubungi, Sabtu (28/6/2014).

Menurut Bambang, langkah tersebut bisa memudahkan angkutan barang untuk bisa melintas lebih cepat. Pengerjaan jalan yang belum selesai akan dilanjutkan setelah arus mudik dan balik berakhir. Bambang mengatakan, hal itu sudah sesuai dengan kontrak antara Pemerintah dengan pihak ketiga.

“Yang pasti, kalau memang ada pengerjaan belum selesai, dikerjakan lagi nanti setelah lebaran. Karena kontrak para rekanan sampai bulan November,” paparnya.

Khusus untuk jalan milik Pemprov Jateng dan jalan milik kabupaten, lanjutnya, bisa dikerjakan terus menerus. Kontrak mereka untuk diberhentikan hingga H-10 sebelum lebaran.

“Untuk jalan provinsi dan kabupaten dihentikan pengerjaannya H-10 lebaran. Jadi, sekarang ini masih bekerja,” paparnya.

Paket pengerjaan jalan sendiri dikerjakan tidak hanya berbentuk murni pengecoran beton jalan. Namun, pengerjaan yang lain semisal pengecatan ruas hingga penyempurnaan jalan, sehingga perlu waktu agak lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com