Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raskin Kuning dan Bau Apek, Warga Kembalikan Beras ke Balai Desa

Kompas.com - 11/06/2014, 11:22 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian warga di Kabupaten Gunungkidul mengembalikan beras miskin ke Balai Desa setempat. Sebab, beras yang dibagikan setiap bulan ini dirasa tak layak konsumsi karena berwarna kekuning-kuningan dan berbau apek.

"Beras memang dalam kondisi buruk dan tidak layak dikonsumsi," kata Kepala Desa Kepek, Wonosari Gunungkidul, Bambang Setiawan Budi Santoso, Rabu (11/6/2014).

Di Desa Kepek, Wonosari, Gunungkidul, warga yang menerima Raskin ada 289 KK. 31 keluarga telah mengembalikan beras yang diterima.

Total beras yang sudah dikembalikan ke Balai Desa Kepek mencapai 465 kilogram. Menurut dia, banyak warga di desanya yang mengantungkan hidup dari pembagian raskin.

Namun demikian, apa yang diterima tidak sesuai dengan yang diharapkan. "Kasihan masyarakat mendapat beras yang tidak layak. Padahal mereka membutuhkan," kata Bambang.

Terkait peristiwa ini, dia sudah melaporkannya ke Kecamatan dan bagian Kesra Pemkab Gunungkidul. Selain itu, dia juga berkoordinasi dengan seluruh kepala dukuh agar mengecek langsung ke warga melihat kualitas raskin yang diterima. "Kita cek, jika kualitasnya jelek harus dikembalikan," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com