Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Bayangkan Saja Hampir Tiap Bulan Ada Pengedar Sabu yang Ditangkap"

Kompas.com - 10/06/2014, 12:53 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis


KOLAKA UTARA, KOMPAS.com - Untuk kesekian kalinya, jajaran Polres Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, kembali menangkap dua orang pengedar narkoba jenis sabu. Mereka yang tertangkap masing-masing berinisial LJ (28) dan RS (26).

Saat ditangkap, kedua tersangka terbukti mengantongi 10 paket narkoba jenis sabu yang telah siap edar.

Kepala satuan Narkoba Polres Kolaka Utara, AKP Maryogo menjelaskan bahwa memang dalam kurun beberapa bulan terakhir pihaknya telah menangkap sejumlah pengedar narkoba jenis sabu. Untuk kali ini, pengedar yang tertangkap berasal dari Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

"Yang dua orang ini semua dari Konsel. Barang bukti 10 paket sabu, masalah beratnya kita belum ketahui," kata AKP Maryogo.

Dia juga menjelaskan mereka yang tertangkap ini telah lama menjadi target operasi.

"Mereka ini rental mobil dari Konawe Selatan menuju Kolaka Utara. Sudah lama memang kita intai. Bayangkan saja 10 paket itu kalau habis terjual pasti mereka kembali lagi. Saya juga mengucapkan terima kasih sama anggota karena berhasil dan ini akan terus kita lakukan untuk perangi narkoba. Mereka berdua ditangkap di Watutoru Desa Walasio Kec Wawo," tambahnya.

Kini dua orang tersebut tengah menjalani proses hukum di Polres Kolaka Utara.

"Sementara kita proses. Kami curiga ini sindikat pengedar sabu lintas Provinsi. Tergantung dari pemeriksaan apakah ada pihak lain yang ikut terlibat dalam peredaran narkoba di Kolaka Utara," tegasnya.

Sementara itu, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lingkar Demokrasi Rakyat (LIDER) Sulawesi Tenggara menilai ada pihak tertentu yang mengendalikan peredaran narkoba di Kolaka Utara.

"Bayangkan saja hampir tiap bulan ada yang ditangkap dan bukan paket kecil-kecilan. Kalau sepengetahuan saya dalam waktu dua tahun terakhir ini sudah puluhan yang tertangkap. Saya curiga ada pihak tertentu yang kendalikan peredaran sabu di Kolaka Utara. Polisi juga harus ungkap ini, jangan menangkap terus tanpa pengungkapan siapa dibelakang ini semua," tutup Herman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com