Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyelam Kibarkan Spanduk Jokowi di Dasar Laut Teluk Balikpapan

Kompas.com - 29/05/2014, 16:15 WIB
Kontributor Balikpapan, Dani Julius

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Dukungan para simpatisan bagi Joko Widodo memenangkan pemilihan presiden muncul dalam berbagai cara. Di Balikpapan, Kalimantan Timur, empat penyelam memilih menancapkan spanduk bergambar Jokowi bertulis "Menuju Istana Negara" di dasar laut Teluk Balikpapan, Kamis (29/5/2014) siang.

Salaman, penyelam senior dari Pesut Diving Club, mengungkapkan, upaya ini adalah bentuk dukungan bagi Jokowi melaju menjadi Presiden RI. "Saya ini simpati dengan Jokowi. Kebetulan ada rencana hendak menyelam, kita kibarkan banner gambar ini di bawah laut," kata Salaman.

Salaman menggandeng beberapa penyelam senior di Balikpapan seperti I Ketut Suwadaya, Noviana Indarti, dan Iwan.  Salaman dan rekan-rekannya menyiapkan diri sejak pukul 08.00 WITA.

Mereka menggunakan speedboat ke sebuah titik penyelaman yang dinamai para penyelam sebagai "Sand Island", dengan kedalaman 10 meter. Jaraknya satu jam dari pantai Banua Patra, Balikpapan, tempat mereka berangkat.

Spanduk yang dikibarkan di dasar teluk itu berukuran 1 x0,5 meter. Jokowi digambarkan mengenakan ikat kepala seperti yang dipakai Jenderal Soedirman. Terdapat tulisan "Menuju Istana Negara, Joko Widodo, untuk Presiden Negara Republik Indonesia, 2014-2019". "

Bisa juga ditancapkan dengan kayu disitu, atau kita ikat di karang dan digantungkan pada botol mineral (kosong dan mengapung)," katanya.

Titik-titik penyelaman di Teluk Balikpapan tidaklah banyak dikenal para penyelam. Titik-titik di sana tidak seterkenal perairan Pulau Derawan, Berau, yang jernih dengan biota laut yang menonjol.

Di Teluk Balikpapan selain air yang tidak jernih, teluk ini juga ramai dilalui kapal kecil hingga ukuran besar. "Jarak pandang di titik penyelaman kali ini lebih dari satu meter," katannya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com