Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gagal Jadi TKI, Lelaki Ini Jadi Suka Lari Sambil Telanjang

Kompas.com - 22/05/2014, 09:49 WIB
Kontributor Nunukan, Sukoco

Penulis

NUNUKAN, KOMPAS.com — Malang nian nasib Irwan (34), warga Bangka Belitung yang ingin bekerja di Malaysia sebagai TKI. Dia malah terdampar di Nunukan dalam kondisi sakit jiwa.

Padahal saat hendak berangkat ke Malaysia, kesehatan jiwa Irwan sehat. “Sebelumnya bagus, waras dia. Orang dia jual tanahnya, jual motornya buat ongkos ke Malaysia. Semuanya, dia itu bawa duit Rp 25 juta. Sambil ngurus paspor, yang ngurusi Pak Haji itu, Haji Nur. Bener haji atau tidak, enggak tahu pasti,” ujar Udin (47), kakak ipar Irwan yang sengaja datang ke Nunukan karena mendapat kabar dari Polsek KSKP Nunukan.

Irwan adalah salah satu korban calo pencari tenaga kerja ke Malaysia dengan iming-iming gaji tinggi.

Selain tidak mendapat pekerjaan, bekal Irwan berupa uang Rp 25 juta dan paspornya dibawa lari oleh Nur. Nur adalah orang yang mengaku bisa mencarikan pekerjaan di Malaysia dengan gaji tinggi.

“Sampai di Malaysia itu paspornya diambil, uangnya juga diambil. Dia dinaikkan ke kapal barang sampai ke Nunukan. Di Malaysia, dia dijanji kerja (di kebun kelapa) sawit di Malaysia oleh Haji Nur ini. Katanya dia biasa mencari tenaga kerja di Malaysia,” ujar Udin, yang baru sampai di Nunukan, Selasa (19/5/2014) lalu.

Irwan ternyata tidak sendiri. Dari Bangka Belitung, ada dua orang lagi, lalu ada satu dari Bogor dan satu dari Sukabumi.

”Waktu di Bangka Belitung, mereka sempat ke rumah mertua saya. Dia itu membuat surat perjanjian, pakai meterai perjanjiannya bahwa orang ini dibawa, pasti mendapat kerja. Yang dua ini kita enggak tahu dilolosin atau dibuang ini,” ujar Udin.

Rencana Udin untuk langsung membawa pulang Irwan ke Bangka Belitung terpaksa dibatalkan. Sebab, Udin mengkhawatirkan kondisi kejiwaan Irwan.

“Rencana saya beliin tiket buat berangkat tanggal 22 pukul 07.09 (hari ini). Terpaksa tiket hangus satu. Biarlah sementara dirawat di sini dulu karena pasti tidak bisa naik pesawat karena Irwan sudah suka telanjang. Kadang mengamuk juga. Kalau ditanya, dia tahu dia siapa, dia ingat anaknya dan mau pulang, tetapi kemudian buka baju, lari sana lari sini. Padahal sebelum berangkat, 20 hari yang lalu dia masih sehat,” ujar Udin dengan raut muka sedih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com