Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Calo PNS dan Minta Uang Pelicin, PNS Ini Ditangkap Polisi

Kompas.com - 08/05/2014, 12:48 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis


PROBOLINGGO, KOMPAS.com
- Seorang PNS di Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur, ditangkap polisi dengan tuduhan melakukan penipuan. Pasalnya, pria bernama Hafid Muhajir (28) ini mengaku bisa meloloskan seseorang menjadi pegawai honorer dan PNS.

Warga Jalan Sunan Ampel, Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kedopok, ini ditangkap polisi setelah dilaporkan Erry Lutfianto, warga Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Menurut Kapolsek Mayangan Kompol Kasman, penangkapan itu dilakukan atas laporan warga bahwa yang bersangkutan diduga telah melakukan penipuan.

Kasus penipuan ini, kata Kasman, bemula saat pelapor dimintai sejumlah uang pelicin untuk menjadi PNS. Hafid disebut menjanjikan bisa membantu jika membayar uang dalam jumlah tertentu.

“Tarifnya Rp 30 juta untuk pegawai honorer dan Rp 150 juta bila mau menjadi PNS. Pelapor pun tergiur menjadi PNS dan kemudian menyetor uang puluhan juta rupiah dengan cara mentransfer ke rekening terlapor. Agar korbannya percaya, korban dihimbau untuk membuat surat lamaran. Korban sudah tiga kali transfer ke rekening tersangka, pertama Rp 20 juta, selanjutnya Rp 30 juta, Rp 20 juta sampai lunas,” kata Kasman, Kamis (8/5/2014).

Korban pun curiga dan melapor ke polisi karena setelah menunggu sejak 2013 dan uang pelicinnya sudah diserahkan, dirinya tidak kunjung diterima menjadi PNS. Apalagi, korban juga khawatir atas maraknya kasus penipuan yang mengaku bisa menjadikan seseorang menjadi PNS.

Kasman menambahkan, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Hafid dijerat pasal penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. Saat ini, Hafid ditahan pihak kepolisian untuk proses hukum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com