Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 TPS di Seram Bagian Timur Gelar Pencoblosan Ulang

Kompas.com - 26/04/2014, 14:24 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON, KOMPAS.com - Meski jadwal pemungutan suara ulang sesuai surat edaran KPU RI hanya dibatasi hingga tanggal 23 April, namun di Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku, pemungutan suara ulang pemilu legislatif (pileg) masih dilakukan hari ini Sabtu (26/4/2014).

Pemungutan suara ulang di kabupaten itu digelar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Pulau Gorom dan Kecamatan Gorom Timur. Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadwalkan pencoblosan ulang di delapan TPS di dua Kecamatan sedianya digelar Jumat (25/4/2014).

Ketua KPU Maluku, Musa L. Toekan kepada wartawan di Ambon, Sabtu siang membenarkan terdapat delapan TPS di Kecamatan Pulau Gorom dan Kecamatan Gorom Timur hari ini sedang menggelar pemungutan suara ulang.

“Pemungutan suara dilakukan di empat TPS yang ada di Kecamatan Pulau Gorom dan empat TPS lagi di Kecamatan Gorom Timur,” katanya.

Terpisah, Ketua KPU SBT, Kisman Kilian yang dihubungi Kompas.com dari Ambon menyatakan pemungutan suara ulang saat ini sedang digelar secara serempak di dua kecamatan tersebut.”

Sebelumnya dua TPS telah menggelar pencoblosan ulang, dan hari ini delapan TPS sedang menggelar pencoblosan ulang. "Tadinya kami jadwalkan Jumat kemarin, namun karena waktunya pendek kita undur ke hari ini,” kata Kisman.

Menurutnya, sejak delapan TPS itu dibuka mulai pukul 07.00 Wit warga yang terdaftar sebagai pemilih langsung mendatangi tempat pemungutan suara untuk menyalurkan hak politiknya. "Jadi antusiasme warga untuk memilih dalam pencoblosan ulang ini sesuai pantauan kami itu sangat tinggi sekali," bebernya.

Dia mengungkapkan proses pemungutan suara ulang di delapan TPS tersebut berjalan aman dan lancar. Dia juga mengaku tingkat partisipasi warga untuk memilih sangat baik.”Semua berjalan lancar, karena sebelum pemilihan kita sudah lakukan sosialisasi kepada warga agar dapat menggunakan hak pilihnya,”ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com