Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelombang Tinggi di Pantai Selatan Jawa, Nelayan dan Wisatawan Diimbau Waspada

Kompas.com - 19/04/2014, 11:50 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Para nelayan dan wisatawan yang berada di kawasan Pantai Selatan Jawa diimbau waspada terhadap gelombang tinggi yang diperkirakan bisa mencapai 4,5 meter. Gelombang tinggi diperkirakan terjadi pantai selatan selama dua hari, mulai Sabtu (19/4/2014) sampai besok.

"Info adanya kenaikan gelombang didapat dari situs stormsurs.com, sejak satu minggu yang lalu," ucap Sekretaris SAR Pantai Baron, Surisdiyanto, Sabtu.

Surisdiyanto mengungkapkan, tinggi gelombang disebutkan mencapai 15 feet atau 4,5 meter. Puncaknya diperkirakan sampai di Pantai Gunungkidul, Minggu (20/42014).

"Kami tidak bisa melarang nelayan melaut tetapi kami mengimbau agar nelayan tidak melaut terlebih dahulu," ujarnya.

Menurut Surisdiyanto, tanda-tanda perubahan ketinggian gelombang sudah terasa sejak Jumat siang. Ketika memeroleh informasi dan melihat perubahan gelombang, petugas SAR juga langsung melakukan penjagaan di sepanjang pantai.

"Kemarin peningkatan ketinggian gelombang mencapai 3 meter," ucapnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan akibat tingginya gelombang dan membludaknya para wisatawan di hari libur, tim SAR mengerahkan kekuatan penuh. Sebanyak 55 anggota SAR ditempatkan di 9 titik, yakni Pantai Pok Tunggal, Pulangsawal, Sundak, Krakal, Sepanjang, Kukup, Baron, Ngrenehan, dan Gesing.

"Petugas akan mengingatkan pengunjung agar tidak bermain jauh ke tengah laut," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com