Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Kompi Brimob dan Sabhara Amankan Coblos Ulang di Jatim

Kompas.com - 11/04/2014, 11:38 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com -- Pelaksanaan coblos ulang pemilihan legislatif di sejumlah daerah Jawa Timur pada 12 dan 13 April mendatang bakal mendapat pengawalan ketat dari polisi.

Lima SSK (satuan setingkat kompi) Brimob dan satu SSK Sabhara diterjunkan di lima daerah lokasi coblos ulang.

Petugas keamanan tersebut disiapkan di lokasi untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan saat pemungutan suara ulang berlangsung.

"Kami masih menganggap, pelaksanaan coblos ulang masih berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dari pihak tertentu," kata Kepala bidang Humas Polda Jawa Timur, Kombes Polisi Awi Setiyono, Jumat (11/4/2014).

Empat SSK satuan Brimob masing-masing akan disebar ke empat lokasi berbeda yang melakukan pencoblosan ulang yakni di Surabaya, Sumenep, Nganjuk, dan Madiun.

"Sementara khusus di Lumajang, dijaga satu SSK satuan pasukan Sabhara, pelaksanaannya sudah digelar kemarin pagi," tambahnya.

Pencoblosan ulang dilakukan menyusul kesalahan sistem pendistribusian surat suara, yang berdampak pada tertukarnya surat suara antardaerah pemilihan.

Tertukarnya surat suara itu, kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, Eko Sasmito, hanya pada pilihan caleg kabupaten/kota.

Sementara itu, untuk caleg DPR RI dan DPRD Jawa Timur, relatif tidak ada kesalahan distribusi. "Sebenarnya ada sejumlah TPS yang juga bermasalah di Probolinggo, Bojonegoro, Tulungagung, dan Ponorogo, namun dapat diatasi oleh KPU setempat," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com