Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilanda Angin Puting Beliung, 22 Rumah Rusak

Kompas.com - 10/04/2014, 19:00 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis


PAMEKASAN, KOMPAS.com - Sebanyak 22 rumah di dua desa di Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, rusak setelah dilanda angin puting beliung, Kamis (10/4/2014). Dari 22 rumah itu, 4 rumah dinyatakan rusak parah karena atapnya ambruk.

Sementara itu, 18 rumah lainnya ada yang rusak sedang dan rusak ringan. Dua desa itu, yaitu Desa Buddagan terdiri dari sebanyak 15 rumah dan Desa Murtajih sebanyak 7 rumah. 

Husnul Kalam, warga Dusun Serkeser, Desa Buddagan mengatakan, sebelum kejadian hujan deras melanda desanya. Beberapa saat kemudian angin kencang datang perlahan dan mengempaskan beberapa atap asbes bagian depan rumahnya.

"Saya kira atap rumah sudah habis ditiup angin semua. Sebab saya dan keluarga langsung pergi ke dapur belakang menyelamatkan diri," terang Husnul Kalam.

Angin kencang itu, terang Husnul, berlangsung antara 10-15 menit. Warga di Dusun Serkeser sampai ketakutan. Beruntung bangunan rumah warga sudah banyak yang permanen. Sehingga yang rusak hanya bagian atapnya saja.

"Bentuk anginnya kencang bulat. Kata warga angin tornado," imbuh Husnul.

Kepala Desa Buddagan, Syamsul Arifin menjelaskan, kerugian akibat kejadian itu ditafsir mencapai Rp. 40 juta. Pihaknya sudah melaporkan kejadian tersebut ke Camat agar segera dikirim bantuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com