Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinilai Mampu Saingi Jokowi, Wacana Soekarwo Capres Bergulir

Kompas.com - 21/03/2014, 11:42 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Wacana untuk mendukung Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, maju sebagai calon presiden dari Partai Demokrat bergulir di Jawa Timur. Sejumlah kalangan menilai, Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur itu layak berkompetisi dengan capres PDI-P Joko Widodo.

Menurut Ketua Aliansi Wong Cilik Bersatu (AWCB), Nugroho, sosok Soekarwo terbukti berhasil memimpin Jawa Timur, seperti ekonomi, sosial budaya, dan kesejahteraan rakyat.

"Saya yakin, figur Soekarwo tidak kalah popularitas dan elektabilitasnya ketimbang semua peserta konvensi Partai Demokrat, pak SBY bisa mempertimbangkan sosok Soekarwo," katanya, Jumat (21/3/2014).

Dukungan juga disuarakan oleh Tokoh Masyarakat Madura yang juga Ketua Dewan Penasihat Ikatan Masyarakat Madura (Ikamra), Ali Badri Zaini. Menurutnya, Soekarwo layak masuk dalam bursa capres atau cawapres.

"Soekarwo layak menjadi pemimpin nasional, bukan lagi tingkat Jatim, karena dia memiliki integritas yang tidak diragukan," katanya.

Ali Badri mengatakan, meski berlatar belakang birokrat, Soekarwo juga dinilai piawai dalam memainkan peran politik dan populer. Sebelumnya, dukungan menjadi capres terhadap Soekarwo juga sempat mengemuka saat kampanye nasional pileg Partai Demokrat di Kabupaten Tulungagung awal pekan lalu. Sejumlah spanduk besar bertuliskan dukungan kepada Soekarwo terdapat di sejumlah titik lokasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com