Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KM Darul Aman Karam, 8 Penumpang Hilang

Kompas.com - 11/03/2014, 16:44 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis


JAYAPURA, KOMPAS.com – Delapan orang penumpang Kapal Motor (KM) Darul Aman hilang setelah mengalami kecelakaan di Perairan Arafura antara Kabupaten Mimika dengan Kabupaten Asmat, Jumat (7/3/2014) lalu.

Kepala Basarnas Timika, Budiawan mengatakan, informasi terkait kecelakaan ini, diperoleh Senin (10/3/2014) malam, setelah mendapat laporan dari 2 penumpang KM Darul Aman yang berhasil selamat, melaporkan ke Kantor Basarnas Timika.

Menurut Budiawan, KM Darul Aman yang mengangkut 10 penumpang itu berangkat dari Pelabuhan Poumako, Timika, Kabupaten Mimika menuju Agats, Kabupaten Asmat, Kamis (6/3/2014) lalu.

“Kapal pecah dan tenggelam setelah dihempas gelombang, di sebelah timur lampu merah luar Amamapare pada koordinat 04° 52’ 00” Lintang Selatan dan 136° 55’ 00” Bujur Timur,” jelas Budiawan yang dihubungi melalui telepon selulernya, Selasa (11/3/2014).

Dari 10 orang penumpang KM Darul Aman, menurut Budiawan, 2 orang penumpang yakni Tato dan Ardi berhasil selamat setelah ditemukan oleh kapal motor yang kebetulan melintas dengan tujuan Agats.

Dijelaskan Budiawan, guna melakukan pencarian 8 penumpang KM Darul Aman, tim SAR gabungan dari Basarnas Timika, Polarud dan Dinas Perhubungan Mimika sudah membangun posko di Otakwa.

“Pagi tadi, tim sudah melakukan pencarian dengan menggunakan Kapal Bucaut 12 meter milik Dinas Perhubungan Mimika. Pencarian difokuskan di Perairan Otakwa dan menyisir ke arah Pulau Tiga,” ungkap Budiawan.

Menurut Budiawan, sebelum kejadian ini, Basarnas Timika juga beberapa kali melakukan operasi pencarian menyusul cuaca buruk yang terjadi sejak beberapa pekan di Perairan Arafuru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com