Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Berminat "Nyapres", Risma Ingin Menjadi Guru SD

Kompas.com - 07/03/2014, 19:19 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengaku tidak tertarik untuk mencalonkan diri sebagai presiden atau wakil presiden pada Pemilu 2014 nanti.

Dia akan menuntaskan masa jabatannya hingga tahun depan. Setelah itu, dia memilih untuk mengajar. "Mengajar di mana saja, SD, SMP, SMA, atau perguruan tinggi, tapi saya kayaknya lebih ingin mengajar di SD," kata wali kota yang diusung PDI-P ini saat berbincang santai di ruang kerjanya, Jumat (7/3/2014) siang.

Kenapa ingin mengajar di sekolah SD? Sebab, bagi Risma, jenjang SD adalah masa yang paling tepat menanamkan nilai-nilai moral dan agama kepada pelajar. Penanaman nilai moral dan agama itu, kata Risma, sangat penting agar manusia tidak hanya pintar, tetapi juga bermoral.

Menjadi guru, bagi Risma, bukan berarti tidak berbuat bagi bangsa dan negaranya. "Untuk berbuat baik itu tidak harus menjadi pemimpin, jadi apa saja itu bisa berbuat baik, termasuk jadi guru," kata insinyur lulusan Jurusan Arsitektur dan Pascasarjana Manajemen Pembangunan Kota, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, ini.

Risma mengaku miris melihat fakta banyaknya anak seusia SD yang tidak beruntung sehingga tidak dapat bersekolah seperti teman-teman sebayanya. Banyak faktor yang melatarbelakangi hal itu, seperti ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Karena itu, di bawah kepemimpinannya, realitas sosial di Surabaya semacam itu sedikit demi sedikit akan dikurangi dengan berbagai program, seperti sekolah gratis, pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan penutupan kompleks prostitusi yang dinilai sebagai akar masalah sosial yang menyebabkan banyaknya anak telantar akibat keluarga yang tidak harmonis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com