Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diusir Mahasiswa di Bandung, Prabowo ke Garut

Kompas.com - 05/03/2014, 20:58 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Batal menjadi pembicara di hadapan ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Nusantara di Hotel Savoy Homan, Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Rabu (5/3/2014), Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto bergegas menuju kota domba atau Garut, Jawa Barat.

"Pak Prabowo langsung menuju Garut setelah ini. Karena kondisinya seperti ini, ya, terpaksa batal (jadi pemateri)," kata Wasekjen Partai Gerindra Sudaryono kepada wartawan di Hotel Savoy Homan, Rabu. 

Sedianya, Prabowo akan menjadi pembicara di hadapan ratusan kaum intelektual muda itu bertajuk "Peran Mahasiswa untuk Kemajuan Demokrasi dan Kemajuan Bangsa". Namun, sejumlah mahasiswa membubarkan forum tersebut dan meminta semua pembicara termasuk Prabowo untuk keluar ruangan. 

Prabowo keluar dari Hotel Savoy Homan sekitar pukul 13.45 WIB. Berkunjungnya ke Garut, kata Sudaryono, Prabowo akan bersilaturahmi dengan beberapa tokoh di Garut.  

"Ya, silaturahim saja dengan beberapa tokoh di Garut. Ini pertemuan internal kami saja," katanya.

Sudaryono mengatakan, tidak tahu alasan mahasiswa meminta Prabowo keluar ruangan padahal Prabowo datang dalam kapasitas undangan sebagai pembicara di acara tersebut. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com, sempat terjadi keributan di internal para mahasiswa anggota BEM karena satu pihak tidak sudi atas hadirnya Prabowo.

"Tadi, tiba-tiba saja semuanya dipersilakan keluar, saya enggak tahu masalahnya apa, apakah mereka kurang suka dengan Pak Prabowo atau bagaimana, saya enggak ngerti, yang jelas saya dengar kabar sebelumnya ada keributan di internal mereka," jelas Sudaryono.

Ketua BEM Unikom Andri Lukman bungkam ketika dimintai keterangan soal insiden itu. Rekan-rekannya pun berusaha menghalang-halangi Ketua BEM Unikom itu dari kejaran wartawan. Mereka berusaha menghindar dari wartawan.

Sikap para mahasiswa ini juga disayangkan oleh Rektor Universitas Komputer Indonesia, Eddy Soeryanto Soegoto. Seharusnya, menurut Eddy, para mahasiswa konsisten dengan narasumber yang telah diundang. Dia juga mengaku tak tahu permasalahan sebenarnya.

Dalam pertemuan BEM se-Nusantara ini, Universitas Komputer Indonesia (Unikom) menjadi tuan rumah.

Koordinator Prabowo Media Center Budi Purnomo Karjodihardjo membantah informasi adanya pengusiran terhadap Prabowo Subianto oleh mahasiswa di Bandung pada Rabu (5/3/2014). Lewat pernyataan yang dikirim ke email redaksi Kompas.com, ia meluruskan informasi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com