Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dede Yusuf: Kalau Ada Gunung Dijual, Kelud Dibeli Juga Dong

Kompas.com - 04/03/2014, 21:39 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf Macam Efendi, turut berkomentar soal beredarnya kabar bahwa Gunung Ciremai di Kabupaten Kuningan telah dijual ke perusahaan minyak asal Amerika, Chevron Corporation, sebesar Rp 60 triliun.

Dede pun mengaku tak tahu-menahu ketika tiba-tiba ada isu tersebut ramai di akun Twitter-nya. "Saya enggak tahu ya, mulainya dari mana, tapi saya lihat kabar tersebut di Twitter," kata Dede kepada wartawan seusai menjadi narumber dalam diskusi "Dialog Rakyat untuk Bangsa: Jalan Lurus Demokrasi" di Hotel Jayakarta, Jalan Dago, Bandung, Jawa Barat, Selasa, (4/3/2014).

Setelah beredar di Twitter, Dede mengaku banyak mendapatkan pertanyaan dari masyarakat terkait kabar penjualan Ciremai ke Chevron.

"Banyak yang menanyakan kepada saya soal Gunung Ciremai dijual itu (di Twitter). Lalu, saya tanya kepada mereka. Emang gunung bisa dijual? Kalau ada gunung dijual, nanti Gunung Kelud dibeli juga dong," kata caleg DPR RI Dapil Jabar 2 itu.

Dede mengatakan, pada Undang-Undang RI Pasal 22 tentang Bumi, Tanah Air, dan Bangunan, gunung tidak bisa dijual begitu saja.

"Jadi dikuasai oleh negara, dalam hal ini tanggung jawab pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah daerah. Jadi tidak bisa dijual begitu saja," kata Dede.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com