Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kodim 0618 Kumpulkan Orang Gila Jalanan di Bandung

Kompas.com - 03/02/2014, 13:01 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Komando Distrik Militer 0618 yang berada di bawah Kodam III Siliwangi akan mengumpulkan dan merazia orang gila yang berkeliaran di Kota Bandung.

Menurut Komandan Kodim 0618, Letkol Infanteri Rudi M Ramdan, razia orang gila jalanan tersebut akan digelar selama dua hari berturut-turut dimulai hari ini, Senin (3/2/2014) hingga Selasa (4/2/2014) di beberapa wilayah di Kota Bandung seperti Ujungberung, Kiaracondong, Ciwastra, Caringin dan Alun-alun.

"Ada 80 personel, gabungan dari berbagai instansi seperti Dinas Kesehatan Kota Bandung, Dinas Sosial Kota Bandung dan Jawa Barat, Satpol PP, Dishub, dan RS Hasan Sadikin," kata Rudi di Bandung, Senin pagi.

Sementara itu, Kepala Seksi Operasi Kodim 0618 Kapten Asep Jaelani mengatakan, orang gila jalanan yang terkena razia dalam dua hari ini akan dikumpulkan untuk kemudian dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Razia tersebut diharapkan bisa membersihkan Kota Bandung dari orang gila yang berkeliaran di jalanan. "Sesuai kemampuan saja. Kalau ada 40 orang (gila) ya, 40 saja kita ambil," ujarnya.

Selain ke rumah sakit jiwa, kata Asep, para orang gila yang terjaring sebagian akan dibawa ke Yayasan Keris Nangtung, Tasikmalaya, Jawa Barat, untuk dilakukan rehabilitasi. "Mereka akan dimandikan kemudian dicek kesehatan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com