Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambang Batu Bara Meledak, Lima Pekerja Tertimbun

Kompas.com - 24/01/2014, 17:35 WIB
SAWAHLUNTO, KOMPAS.com — Sebuah tambang batu bara di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, dilaporkan meledak, Jumat (24/1/2014) siang.

Peristiwa tersebut terjadi di lokasi pertambangan batu bara Desa Parambahan dan Desa Batu Tanjung, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto.

Kepala Polres Sawahlunto Ajun Komisaris Besar Syafrial kepada Tribunnews mengatakan, ledakan tersebut terjadi sekitar pukul 11.00 WIB, atau sebelum shalat Jumat.

"Informasi yang saya dapatkan dari petugas sore ini, ledakan tersebut mengakibatkan lokasi tambang longsor dan menimbun lima pekerja," kata Syafrial, Jumat sore, via telepon.

Sampai pukul 17.00 WIB sore ini, tim SAR dan aparat kepolisian berhasil mengevakuasi satu pekerja tambang bernama Edi. "Tapi sayang, Edi yang kami evakuasi sudah dalam keadaan tewas," imbuhnya.

Sementara empat pekerja lainnya masih tertimbun dan tengah diupayakan untuk dievakuasi.

"Terkait ledakan yang memicu longsor tambang itu, belum bisa kami pastikan. Kami masih fokus mengevakuasi, baru setelah itu kami menyelidikinya, bisa karena detonator atau dipicu gas metan," tuturnya.

Untuk diketahui, lokasi tambang batu bara di dua daerah ini pernah meledak pada tahun 2009 silam. Peristiwa pada lima tahun lalu itu disebabkan semburan gas metan yang keluar dari lokasi tambang. (Reza Gunadha)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com