Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Alternatif Kendal-Semarang Ambles karena Hujan

Kompas.com - 23/01/2014, 21:52 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis


KENDAL, KOMPAS.com - Jalan Raya Kaliwungu-Boja tepatnya di Dusun Sepetek, Desa Kertosari, Kecamatan Singorojo, Kendal, Jawa Tengah, Kamis (23/1) siang, ambles sedalam 2 meter dan panjang 15 meter. Amblasnya jalan alternatif Kendal- Kabupaten Semarang dan kota Semarang itu, membuat masyarakat yang melewati jalan tersebut, harus ekstra hati-hati. Sebab, jalan menyisakan satu jalur dan hanya diberi tanda potongan ranting pohon serta bambu di titik ambles.

Salah satu warga setempat, Suryani (29) mengatakan, jalan itu ambles pada siang hari. Penyebabnya karena curah hujan yang tinggi dan kondisi tanah yang labil.

"Penyebab jalan ambles, karena hujan yang turun terus menerus dan membuat kondisi tanah bergeser,” kata Suryani.

Suryani berharap, pemerintah secepatnya memperbaiki jalan yang ambles tersebut agar tidak memakan korban. Sebab kalau malam hari, jalan tersebut gelap.

Sementara itu, Camat Singorojo, Helyudin, yang datang ke lokasi jalan ambles mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga untuk memberikan rambu peringatan agar tidak ada pengendara yang terperosok.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga. Tapi kapan diperbaiki saya tidak tahu. Dinas Bina Marga akan memberi rambu-rambu jalan agar tidak terjadi kecelakaan akibat jalan tersebut," katanya.

Sementara itu, Dandim 0715 Kendal, Letkol Kaveleri, Wiratno, yang meninjau lokasi jalan bencana menegaskan pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan Koramil Singorojo untuk menutup jalan ambles dengan menggunakan pasir batu. Sebab kalau tak segera diperbaiki, akan membahayakan pengguna jalan.

“Tidak perlu menunggu pemkab Kendal untuk memperbaiki jalan ambles ini. Kami akan mengupayakan dengan menutup pasir dan batu (sertu),” akunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com