Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abrasi, 50 Rumah Hancur Diterjang Ombak

Kompas.com - 18/01/2014, 20:24 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Sebanyak 50 rumah milik warga Desa Tlonto Rajeh, Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan, hancur diterjang ombak.

Rumah-rumah yang hancur sebagian masih ada yang bisa ditempati, karena tertinggal separuh. Namun, sebagian yang lain sudah tidak bisa ditempati lagi karena sudah tinggal puing.

Jumaliah, salah satu pemilik rumah yang ambruk mengatakan, ketinggian ombak yang menghancurkan rumahnya mencapai enam meter. Ombak tepat berada di belakang rumahnya.

"Rumah, dapur, kamar mandi dan sumur saya semuanya hancur diterjang ombak. Sekarang tinggal separuh," kata Jumaliah, Sabtu (18/1/2014).

Janda empat anak ini saat ini tidak berani menempati rumahnya lagi. Sebab ketinggian ombak semakin hari semakin menakutkan. Apalagi jika malam hari. Ketinggian ombak sampai atap rumah warga.

Ani, pemilik rumah lainnya mengatakan, sejak tahun 2013 sampai awal tahun 2014 ini, sudah ada 50 rumah warga yang hancur diterjang ombak.

Warga tidak mampu menahan terjangan ombak. Padahal setiap tahun di belakang rumahnya sudah dipasangi batu gunung yang emmakan dana jutaan rupiah. Namun batu-batu itu tidak kuat menahan kerasnya hantaman ombak.

"Hampir setiap tahun ketika ombak keras kami menimbunnya dengan batu. Tapi tetap tidak kuat," ungkap Ani.

Abrasi pantai Desa Tlontoh Rajeh menurut warga, sudah terjadi empat tahun terakhir. Penyebabnya karena penambangan pasir secara ilegal. Namun, sampai saat ini penambangan masig terus dilanjutkan dan pelaku penambangan bebas dari jeratan hukum.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com