Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Bocah Kakak Beradik Diduga Hanyut di Sungai

Kompas.com - 11/12/2013, 20:34 WIB

JOMBANG, KOMPAS.com - Dua orang bocah kakak-adik, Gayo Samudro (6) dan Dewi Mustika Sari (4), hilang ditelan arus Sungai Kedaleman, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (10/12/2013).

Pencarian terus dilakukan warga dan tim SAR Jombang. Hingga Rabu (11/12/2013) sore, kedua putra pasangan Nurkhafid (32) dan Yekti Ningsih (30), warga Desa Karangwinongan, Kecamatan Mojoagung, Jombang, belum ditemukan.
   
Informasi yang dihimpun, hilangnya dua bocah itu diketahui sekitar pukul 17.30 WIB. Bermula pagi hari sekitar pukul 10.00 WIB, seperti biasa kedua bocah ditinggal kerja ayah-ibundanya, dan diasuh sang nenek.
      
Sang ayah bekerja sebagai kernet bus, sedangkan sang ibu, bekerja sebagai buruh di pabrik krupuk di desa setempat.

Sebelum ditinggal bekerja, Gayo dijemput Ningsih dari TK Bhayangkara Mojoagung. Setelah itu Ningsih baru berangkat bekerja, dan baru pulang sekitar pukul 16.00 WIB. Sedangkan Nurkhafid, pulang selepas Maghrib.   

Namun sore itu, ketika Ningsih pulang kerja, ia tak mendapati kedua anak kesayangannya itu di rumah. Sang ibu lantas mencari di sekitar dan belakang rumah.

Saat mencari di bagian belakang rumah, di pinggir sungai, Yekti kaget. Dia hanya mendapati barang-barang milik anaknya, berupa 2 pasang sandal, 2 pasang pakaian dan sebuah pancing.
      
Yekti Ningsih lantas memanggil-manggil nama kedua anaknya. Namun tak ada sahutan dari dua bocah tersebut. Bahkan hingga malam, kedua anak itu seakan lenyap ditelan bumi.
      
Dia lantas minta tolong sejumlah warga untuk membantu lakukan pencarian. Warga pun menduga, kalau kedua bocah tersebut hilang tenggelam terbawa arus sungai.
      
Ketika itu debit air Sungai Kedaleman saat itu lumayan tinggi dengan arus cukup deras, akibat guyuran hujan lebat. Diperkirakan, kedua bocah tersebut tanpa sepengetahuan neneknya memancing di sungai, terpeleset, kemudian terseret arus sungai.
      
"Dua bocah ini kadang-kadang memang bermain dan memancing ikan di sungai belakang rumah. Sama seperti bocah-bocah lainnya di sini,” ujar Ifa, warga setempat.

Namun hingga sekarang, kedua bocah tersebut belum ditemukan. "Kami menurunkan dua tim untuk melakukan pencarian. Namun belum berhasil menemukan kedua korban,” kata Feby Maria dari SAR Jombang.

Feby mengungkapkan, pihaknya akan terus melakukan pencarian hingga pukul 17.00 WIB. Jika belum ketemu, pencarian akan dihentikan sementara dan diteruskan keesokan harinya.

“Ini karena kami bertugas dengan mengacu kepada protap (prosedur tetap) SAR nasional, yang tidak membolehkan melakukan penyisiran setelah pukul 17.00 WIB,” kata Feby.

Kasubbag Humas Polres Jombang, AKP Sugeng Widodo mengatakan pihak kepolisian akan terus melakukan pencarian dengan menyusuri aliran sungai yang mengarah ke Dam Kedungwesi, Sumobito. “Kami berharap segera ditemukan,” kata Sugeng Widodo. (Sutono)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com