Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Jabar Gelar Apel Anti-tawuran

Kompas.com - 25/11/2013, 15:01 WIB
BANDUNG, KOMPAS.com - Polda Jabar serentak menggelar upacara bersama pelajar SMA di seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat dalam rangka mencegah tawuran antarsiswa.

"Senin ini digelar apel kesiagaan antitawuran, antinarkoba dan antikriminalitas. Kapolda dan Kapolres bertindak menjadi inspektur upacara," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Martinus Sitompul di Bandung, Senin (25/11/2013).

Kapolda Jabar menjadi inspektur upacara pada apel yang digelar di SMA Negeri Subang. Kegiatan itu dihadiri oleh Kapolres dan para kepala sekolah dan guru di sana.

Apel yang digelar bersamaan dengan Hari Guru 2013 tersebut, diikuti oleh 13 SMA dan sederajat yang ada di Kabupaten Subang.

Hal sama juga dilakukan oleh para Kapolres di kabupaten/kota yang menjadi inspektur upacara di sekolah-sekolah yang telah ditunjuk.

"Kegiatan ini sebagai upaya Polri Sahabat Rakyat dan peduli pendidikan, membangun mental pelajar untuk antitawuran, kekerasan dan antinarkoba, serta meningkatkan kesadaran hukum para siswa," katanya.

Lebih lanjut Kabid Humas Polda Jabar menyebutkan, program polisi masuk sekolah sudah dilakukan, di mana setiap anggota Polsek wajib untuk menjadi inspektur upacara di sekolah-sekolah di daerah masing-masing.

"Sebenarnya sudah berjalan, namun program itu diintensifkan lagi. Fokusnya untuk meningkatkan kesadaran hukum," katanya.

Selain itu, Polda Jabar juga meningkatkan koordinasi dan jejaring dengan para pendidik, orangtua serta stakeholder pendidikan dalam rangka penanganan masalah pelajar, khususnya yang menyangkut tawuran, kerawanan narkoba, kekerasan dan kegiatan lainnya.

"Guru dan orangtua merupakan orang paling dekat dengan para siswa, peran mereka sangat menentukan karakter anak-anaknya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com