Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Korban Penikaman di UMI Meninggal

Kompas.com - 21/11/2013, 14:15 WIB
Kontributor Makassar, Rini Putri

Penulis


MAKASSAR, KOMPAS.com — Radit alias Tri Saputra (21), mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar yang menjadi korban penikaman, meninggal dunia saat dirawat di ruang ICU RS Wahidin, Makassar, Kamis (21/11/2013).

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI) angkatan 2010 itu meninggal dunia akibat luka tikaman di bagian pinggang kanannya.

Pembantu Rektor (PR) III, Achmad Gani, yang dihubungi membenarkan kejadian itu. "Sekitar pukul 10.30, Radit meninggal di saat tengah menjalani perawatan dan rencananya jenazahnya akan langsung di bawa ke kampung halamannya di Polewali Mandar, Sulbar," katanya.

Achmad mengatakan, penikam Radit merupakan mahasiswa UMI, tetapi dia belum mengetahui identitas pelaku maupun mahasiswa-mahasiswa yang kini dicari polisi.

"Barusan saya dapat info dari kepolisian kalau pelaku diidentifikasikan adalah seorang mahasiswa kami, kalau memang itu terbukti maka kami akan menindak tegas para pelaku dengan mengembalikan ke orangtuanya," tegasnya.

Lanjut Achmad, untuk menghindari upaya aksi balas dendam, pihak kampus akan melakukan pertemuan dengan mahasiswa maupun alumni yang akan dilakukan hari ini.

Saat ini di kampus UMI terlihat sejumlah petugas gabungan dari TNI, polisi, dan petugas keamanan kampus yang melakukan penjagaan ketat di dalam kampus. Sementara itu, sejumlah mahasiswa dari rekan korban masih bersiaga dengan membawa senjata tajam.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rabu siang seorang mahasiswa Fakultas Hukum, Radit alias Trisaputra (21), dilarikan ke RS Ibnu Sina dan kemudian dirujuk ke RS Wahidin setelah pinggang bagian belakangnya ditikam oleh sekelompok pemuda tepat di depan fakultasnya.

Pasca-penikaman itu, suasana di kampus hijau tersebut mencekam. Sejumlah rekan korban langsung menyisir kampus. Wartawan maupun mahasiswa dilarang mengabadikan penyisiran tersebut.

Kemudian Rabu sore, mahasiswa UMI yang tengah bersantai di halaman kampusnya tiba-tiba diserang oleh sekelompok pemuda dari luar universitas. Serangan sekelompok pemuda itu dapat dipukul mundur oleh mahasiswa UMI. Saat menghadapi penyerang, para mahasiswa membawa senjata tajam seperti parang, celurit, panah, dan batu.

Untuk mengantisipasi terulangnya kejadian itu, puluhan anggota kepolisian gabungan dari Polsek Panakukang dan Polrestabes Makassar yang dilengkapi dengan senjata menjaga ketat sekitar kampus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com