Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Verifikasi Faktual DPT di Magelang, Panwaslu Kerahkan 1.182 Petugas Pengawas

Kompas.com - 21/11/2013, 07:49 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mengerahkan tak kurang dari 1.182 petugas untuk mengawasi verifikasi faktual Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2014. Sejumlah data pemilih invalid ditemukan di daerah ini.

"Mereka akan mengawasi di seluruh tingkatan di wilayah Kabupaten Magelang, sebagai langkah verifikasi faktual berjalan berdasar data yang sesuai di lapangan" jelas Wardoyo, Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kabupaten Magelang, Rabu (20/11/2013).

Wardoyo menyebutkan, dalam pelaksanaannya, para petugas akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Antara lain, di tingkat desa akan diterjunkan 1.116 petugas, di tingkat kecamatan 63 petugas, dan di tingkat kabupaten tiga petugas.

"Selanjutnya, setiap tingkatan wajib melaporkan hasil pengawasannya, supaya koordinasi selalu terjalin. Terlebih jika ada penemuan kejanggalan di lapangan bisa segera ditindaklanjuti," ujar Wardoyo. Hasil pengawasan ini, kata dia, akan menjadi rekomendasi kepada lembaga penyelenggara pemilu di level atas mereka.

Temuan DPT bermasalah

Wardoyo mengatakan sampai saat ini Panwaslu Kabupaten Magelang telah menemukan sejumlah data pemilih yang invalid. Di antaranya, sebut dia, data nomor induk kependudukan yang kosong, demikian pula umur, nomor kartu keluarga, alamat, atau bahkan nama. "Ada juga kolom yang terisi tapi salah," ujar dia.

Selain itu, kata Wardoyo, petugas Panwaslu mendapatkan pula ribuan data dalam DPT yang keliru di satu desa, yakni Desa Wuwuharo, Kecamatan Kajoran. Di desa itu terjadi kesalahan pengisian kolom DPT, seperti isian data nomor kartu keluarga tertukar dengan isian nomor induk kependudukan.

Dalam DPT Pemilu 2014, terdapat 957.196 pemilih yang terdata dari Kabupaten Magelang. Rinciannya, 475.137 pemilih berjenis kelamin laki-laki dan 482.059 pemilih perempuan. Para pemilih tersebar di 367 desa dan lima kelurahan.

Dari jumlah tersebut, ditemukan 26.769 data invalid. KPU Kabupaten Magelang masih terus melakukan verifikasi faktual. "Rencananya pada 31 November 2013, rekap verifikasi faktual di lapangan sudah sampai di KPU, kata Divisi Pemutakhiran Data Pemilih KPU Kabupaten Magelang, Reni Pudjiastuti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com