Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Pembuang Bayi di Kebun Sawit Dibekuk

Kompas.com - 18/11/2013, 13:46 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis


BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com — Polisi menangkap dua tersangka pembuangan bayi di kebun sawit Kampung Sendang Ayu, Kabupaten Lampung Tengah, Senin (18/11/2013). Saat ditemukan warga, bayi sudah dalam keadaan hangus terbakar.

Polsek Bangunrejo membekuk Siti Astuti alias Tuti (28), warga Dusun VII Kampung Sendang Ayu, dan Maryono alias Sentot (34), warga Dusun V Kampung Sridadi, Kecamatan Kalirejo, di rumah masing-masing.

"Bayi ini merupakan hasil hubungan gelap Siti dan Sentot, keduanya sudah sama-sama memiliki keluarga. Karena malu mengandung bayi hasil selingkuh itu, Siti melahirkan di kebun sawit dan menutup bayi itu dengan pelepah sawit,” kata Kasubag Humas Polres Lampung Tengah AKP Indriyanto.

Indriyanto menjelaskan, dari keterangan pelaku, Siti melahirkan bayi pada Kamis (31/10/2013) di kebun sawit, lalu meninggalkan bayi itu dalam keadaan tertutup pelepah sawit. Keesokan harinya, saat Siti dan Sentot kembali ke kebun sawit itu, mereka melihat kondisi bayi sudah terbakar.

"Untuk pembakaran bayi itu, tersangka tidak mengakuinya, namun mereka mengaku memang sengaja membuang bayi itu,” katanya lagi.

Dari kedua tangan pelaku, polisi juga turut mengamankan sejumlah barang bukti (BB), berupa helai celana legging warna merah tua, satu kaus oblong warna putih, satu helai jaket warna biru, dan celana dalam kotak warna putih dan merah muda.

Siti adalah seorang istri yang ditinggalkan suaminya bekerja sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI) di Malaysia sejak setahun lalu.

Akibat perbuatannya itu, Siti dan Sentot kini telah mendekam di balik jeruji Mapolsek Bangunrejo. Keduanya akan dijerat Pasal 341 juncto 342 dan atau 55 dan 56 KUHP dengan ancaman 5 tahun penjara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com