Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaki Gunung Selamat dari Letusan Merapi

Kompas.com - 18/11/2013, 11:59 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sebelas orang yang mendaki Gunung Merapi ketika gunung tersebut meletus pada Senin (18/11/2013) sekitar pukul 04.50 WIB sudah dievakuasi Tim SAR.

Para pendaki dipastikan sudah berada di base camp pendakian Selo, Boyolali. Mereka dalam kondisi selamat.

"Laporan yang masuk dari tim SAR Selo, 11 pendaki berhasil dievakuasi dengan selamat. Tadi pukul 08.00 WIB sudah sampai di base camp Selo," terang Komandan Tim Reaksi Cepat (TRS) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Pristiawan Buntaro, Senin (18/11/2013).

Ia mengungkapkan, saat Merapi mengeluarkan embusan asap tebal disertai abu vulkanik setinggi sekitar 2.000 meter, para pendaki itu berada di Pasar Bubrah. "Saat kejadian mereka (para pendaki) sedang berada di Pasar Bubrah dan dalam perjalanan turun," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Gatot Saptadi, mengimbau agar jalur pendakian Gunung Merapi hanya sampai Pasar Bubrah. Ini mengingat "aktivitas" Merapi yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

"Kejadian hari ini bisa saja terjadi lagi sewaktu-waktu dan sangat membahayakan jika berada di dekat kawah atau puncak. Jadi pendakian hanya dianjurkan sampai di Pasar Bubrah saja," Gatot menegaskan.

Gunung Merapi mengeluarkan asap tebal disertai abu vulkanik setinggi sekitar 2.000 meter, Senin (18/11/2013) sekitar pukul 04.50 WIB. Hal ini menyebabkan hujan pasir dan abu yang cukup tebal di Boyolali, hingga Kartosuro, dan wilayah barat Kota Solo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com