Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Abu Merapi Sampai ke Solo dan Boyolali

Kompas.com - 18/11/2013, 10:32 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com
 — Hujan abu akibat embusan Gunung Merapi, Senin (18/11/2013), tercatat mengarah ke sisi timur wilayah Jawa Tengah. Seperti diberitakan Gunung Merapi mengembuskan asap pekat disertai abu vulkanik dengan ketinggian mencapai 2.000 meter, sekitar pukul 04.58 WIB.

"Berdasarkan laporan hujan abu mencapai 60 kilometer ke arah timur (dari puncak Merapi)," terang Subandriyo, Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Senin.

Menurut Subandriyo, berdasarkan laporan, hujan abu akibat aktivitas Gunung Merapi itu melanda wilayah sekitar Solo dan Boyolali. Sementara itu, untuk lereng Merapi di wilayah DI Yogyakarta, khususnya Sleman, tidak ada yang terkena hujan abu.

Meskipun demikian, Subandriyo menegaskan bahwa aktivitas Gunung Merapi tersebut hanya embusan biasa

Ia memaparkan, berdasar laporan, hujan abu akibat aktivitas Gunung Merapi melanda wilayah sekitar Solo, dan Boyolali. Adapun lereng Merapi di wilayah DIY khususnya Sleman tidak ada yang terkena hujan abu.

Subandriyo menegaskan aktivitas Gunung Merapi yang terjadi pada Senin (18/11/2013) pagi merupakan embusan biasa. "Embusan lebih dominan abu dengan warna sedikit kecoklatan. Berupa asap sulfatara tapi lebih dominan abu," tuturnya.

Sebelumnya, petugas di pos pengamatan Merapi di Kaliurang, Lasiman Pecut, mengatakan, sebelum Gunung Merapi mengeluarkan asap tebal disertai debu vulkanik, terjadi 10 gempa tektonik di bawah gunung tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com