Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PU Usulkan Buka Jalur Alternatif di Kawasan TNBBS

Kompas.com - 10/11/2013, 06:01 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Dinas Pekerjaan Umum (PU) mengusulkan membuka jalur alternatif lebih jauh ke dalam Kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Usul itu diajukan demi kelancaran lalu lintas kendaraan umum penghubung Bandarlampung-Bengkulu.

Lahan yang dibutuhkan untuk membuka jalur alternatif Lintas Barat Lampung sepanjang 350 meter dan lebar 12 meter.

"Kementerian PU dua hari lalu sudah berupaya membuka jalur alternatif di sisi jalan pasca longsor, namun pengerjaan itu tidak dapat dilanjutkan karena kendala di lapangan, salah satu upaya yang harus dilakukan membuka jalur lebih dalam lagi ke Taman Nasional," kata Kepala Bidang Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Lampung Barat S Hendriyanto, Sabtu (9/11/2013).

Pihaknya berharap Kementerian Kehutanan mempercepat keluarnya izin tersebut demi kepentingan umum, agar jalur tersebut dapat dilintasi kembali. Sebelumnya, terjadi longsor di Lintas Barat sepanjang 30 meter dengan kedalaman 50 meter.

Longsor terjadi dua kali hingga kondisi badan jalan mengalami kerusakan parah. Satu kendaraan mobil terjebak karena terperosok ke dalamnya. Pengguna jalan dari arah Bandarlampung menuju Krui dan Bengkulu atau sebaliknya terpaksa dialihkan jalur Lintas Tengah Kotabumi, Lampung Utara dengan waktu tempuh lebih lama.

Pemerintah belum dapat memastikan sampai kapan jalur tersebut dapat dilintasi kembali kendaraan umum. Diperkirakan proses perbaikan membutuhkan waktu lama, mengingat kerusakan yang sangat parah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com