Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balai Besar TNBBS Giat Bersih-bersih Perambah

Kompas.com - 12/12/2011, 16:31 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), saat ini tengah giat melakukan operasi penurunan perambah hutan di kawasan itu.

Sepanjang tahun ini, diklaim setidaknya sudah 15.000 hektar lahan bekas perambah yang telah dihijaukan kembali.

Kepala Balai Besar TNBBS, John Kenedie, mengatakan itu ditemui di Bandar Lampung, Senin (12/12/2011). Menurut dia, dari hasil operasi terpadu penurunan perambah yang dilakukan setahun terakhir ini, tercatat sebanyak 4.500 perambah yang telah ditertibkan dan diminta meninggalkan kawasan TNBBS.

Terakhir, operasi dilakukan di wilayah Pematangsawa, Kabupaten Tanggamus. Operasi yang dimulai pekan lalu ini telah berhasil memulangkan sekitar 400 keluarga dari kawasan TNBBS.

Kenedie menyebutkan, para perambah kebanyakan menguasai kawasan TNBBS untuk berkebun. Tanaman kopi, lada, dan kakao adalah jenis perkebunan ilegal yang mendominasi di TNBBS.

"Target kami adalah menertibkan seluas 61.800 ha lahan di kawasan TNBBS yang dikuasai perambah. Kami harapkan ini tuntas pada 2014," ujar Kenedie, yang dikenal sebagai sosok yang tegas dan tanpa kompromi terhadap perambah.

Sebelumnya, Kenedie juga telah berhasil melakukan penertiban perambah di TN Way Kambas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com