Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Lepas Satwa Peliharaan di Rumah Dinas

Kompas.com - 06/11/2013, 18:27 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berencana melepaskan satwa-satwa yang selama ini dipelihara di rumah dinasnya di Puri Gedeh yang terletak di Jalan Gubernur Budiono, Semarang.

"Di Puri Gedeh kan ada burung kasuari dan kakaktua. Saya kasihan, gimana cara melepasnya," katanya saat peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional di Universitas Negeri Semarang, Rabu (6/11/2013).

Kebetulan, kata dia, saat ini bersamaan dengan peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional. Karena itu, ia terinspirasi untuk melepaskan satwa-satwa itu berkoordinasi dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Jawa Tengah.

Ia mengatakan telah mengoordinasikan rencana pelepasan satwa peliharaan di Puri Gedeh itu dengan BLH Jateng dan segera direalisasikan pada Rabu setelah dilakukan pengecekan kondisi satwa tersebut.

"Rencananya, (pelepasan, red) hari ini juga. Nanti akan dicek dulu oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Kalau bisa dilepas, ya langsung dilepas, atau perlu masa transisi dulu sebelum dilepas," kata Ganjar.

Sementara itu, Kepala BLH Jateng Agus Sriyanto mengaku siap merealisasikan permintaan Gubernur untuk melepaskan satwa, yakni burung kasuari dan kakaktua, yang selama ini dipelihara di rumah dinas Puri Gedeh.

"Tadi langsung koordinasi sama BKSDA, akan dicek di sana dan diambil. Kalau bisa dilepas, ya dilepas. Mungkin bisa dibudidayakan dan dikembangbiakkan, ya dimasukkan ke konservasi," katanya.

Ia menyebutkan, berdasarkan laporan sementara ini, ada enam ekor burung yang dipelihara di rumah dinas Gubernur Jateng di Puri Gedeh Semarang, terdiri atas lima ekor burung kakaktua dan seekor burung kasuari.

"Ada lima ekor burung kakaktua dan seekor burung kasuari. Tapi, untuk pastinya, nanti akan dicek lagi. Nanti kan dicek dulu kondisinya, apakah bisa langsung dilepas. Apa mungkin perlu perawatan dulu," kata Agus.

Rencananya, tim BKSDA dan BLH Jateng akan mengambil burung-burung peliharaan di rumah dinas Gubernur Jateng di Puri Gedeh Semarang pada Rabu ini sekitar pukul 16.30 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com