Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IAIN Sunan Ampel Dirikan Pusat Studi Perdamaian

Kompas.com - 29/10/2013, 13:31 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya mendirikan Pusat Studi Perdamaian. Lembaga kajian itu dibuat sebagai respons atas degradasi moral bangsa Indonesia yang kerap berujung pada pelanggaran hukum dan anarkisme.

Pusat Studi Perdamaian atau National Center of Civic Education (NCCE), kata Rektor IAIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. Abd A'la, adalah implementasi dari kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Kanada yang bernama Supporting Islamic Leadership in Indonesia (SILE).

''Selain di IAIN Sunan Ampel Surabaya, lembaga yang sama oleh Kementerian Agama juga didirikan di Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar,'' katanya, Selasa (29/10/2013).

Kerisauan atas fenomena degradasi moral bangsa Indonesia kata dia telah menjadikan kurangnya ketaatan hukum masyarakat. Sehingga radikalisme dan pragmatisme telah tumbuh dengan subur sehingga menjadikan ketaatan hukum sudah menjadi barang yang langka. "Betapa tidak berharganya nyawa di Indonesia ini,'' tambahnya.

Pusat Studi Perdamaian sebelum diresmikan, Senin (28/10/2013) kemarin, telah menghasilkan sebuah buku berjudul "Pancasila dan Kewarganegaraan". Buku tersebut diharapkan menjadi salah satu buku referensi kajian bagi mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya, sebagai bentuk dari pengabdian praktis IAIN kepada masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com