Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilang 8 Tahun, TKW Ini Dibunuh Pacar Asal Australia

Kompas.com - 23/10/2013, 22:09 WIB

PONOROGO, KOMPAS.com — Teka-teki hilangnya seorang tenaga kerja wanita asal Desa Muneng, Kecamatan Balong, Ponorogo, sejak 8 tahun silam, atau sekitar tahun 2005 lalu, mulai terbongkar.

Diduga, tenaga kerja wanita (TKW) bernama Suryani itu diduga dibunuh oleh kekasihnya sendiri, Nigel Paul, warga Perth, Australia, saat berlibur ke Dili, Timor Leste, pada 2005 lalu.

Dugaan kematian itu diketahui setelah keluarga korban didatangi oleh tim dari Mabes Polri dan Kepolisian Federal Australia yang berkunjung ke rumah Suryani, Selasa (22/10/2013) malam. Kedatangan tim ini untuk meminta keterangan keluarga korban.

Kepala Desa (Kades) Muneng, Kecamatan Balong, Suyitno (48) mengatakan, keluarga korban berharap Suryani masih hidup. Namun, jika memang berdasarkan kenyataan Suryani dibunuh oleh kekasihnya, maka harus ada kejelasan mengenai jenazahnya. Pelaku pembunuhan pun akan dihukum setimpal.

"Keluarga korban berharap kasus ini segera terungkap. Keluarga korban belum bisa memberikan keterangan karena masih shock berat," terang Kades yang juga merupakan kerabat korban, Selasa (22/10/2013) malam.

Rumah keluarga korban Suryani di Desa Muneng tertutup rapat. Tidak terlihat adanya aktivitas di dalam rumah. Menurut Suyitno, keluarga belum mau berkomentar lantaran masih terpukul.

"Kalau memang sudah meninggal, jenazah korban harus dipulangkan," paparnya.

Menurut Suyitno, awalnya, korban Suryani dikabarkan menghilang oleh kekasihnya, Nigel Paul. Hal itu dibuktikan dengan pembuatan laporan ke kepolisian di Dili, Timor Leste, pada 2005. Suryani hilang dari hotel tempat mereka menginap. Kabar hilangnya TKI yang berangkat ke Australia pada 2004 silam itu juga disampaikan kepada keluarga korban saat itu.

Dua anggota Bareskrim Mabes Polri dan petugas Kepolisian Federal Australia meminta keterangan keluarga Mesiran, ayah dari Suryani, di Desa Muneng, Kecamatan Balong, Ponorogo. Namun, pemeriksaan terhadap Mesiran berlangsung tertutup.

Suryani bekerja di Australia sejak 2004. Korban diketahui berpacaran dengan Nigel Paul, warga Perth, Australia, pada 2005. Dugaan pembunuhan Suryani itu mengemuka setelah Kepolisian Federal Australia memeriksa Nigel Paul atas pembunuhan TKW asal Jawa Barat. Dari kasus terakhir itu, Kepolisian Federal Australia kembali membuka misteri hilangnya Suryani.

"Memang Kepolisian Federal Australia menginvestigasi kasus pembunuhan yang korbannya orang Indonesia. Salah satu korbannya asal Ponorogo. Mereka berkoordinasi dengan Polres Ponorogo karena ada dugaan pelakunya berasal dari Australia," pungkas Kepala Polres Ponorogo AKBP Iwan Kurniawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com